Tutupnya Ritel Modern Di Era Bisnis Online

Opini  SENIN, 01 JULI 2019 , 17:34:00 WIB

Tutupnya Ritel Modern Di Era Bisnis Online

Ilustrasi/net

Beberapa hari belakangan kita dikagetkan dengan berita rencana penutupan enam gerai supermarket Giant yang dimilikinya pada 28 Juli 2019 mendatang.

Usaha ritel modern di bawah panji PT. Hero Supermarket Tbk merupakan toko modern yang cukup mentereng di awal tahun 2000-an.

Beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan Februari 2019 Gerai Central Departement Store Neo Soho, Grogol, Jakarta Barat juga menutup usahanya.

Setahun yang lalu, deretan ritel fesyen tutup lapak, seperti Lotus, Dorothy Perkins, New Look, Clarks, Banana Republic, hingga GAP.

Tahun 2017, PT Modern Sevel Indonesia (MSI), pengelola 7-Eleven di Indonesia bahkan menutup seluruh gerai yang ada. Agustus 2017, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk menyetop operasional delapan tokonya.

Dua gerai telah tutup secara permanen di Surabaya. Sisanya, enam gerai yakni, di Banjarmasin Bulukumba, Gresik, Bogor, Pontianak, dan Sabang.

Menyusul berikutnya di bulan September 2017,  PT Matahari Department Store Tbk pemilik Dua gerai Pasaraya yang berada di Pasar raya Manggarai dan Pasar raya Blok M menutup usahanya karena kondisi sepi.


Deretan gerai ritel modern konvesional yang tutup satu-persatu memperlihatkan beratnya persaingan usaha offline.

Menurut APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia), hanya ritel makanan dan minuman (mamin) yang tumbuh sekitar 10 persen, sedangkan non-mamin justru 'mandek'.

Misalnya, pakaian dan perlengkapan rumah tangga. Beberapa masih ada yang positif, tapi yang turun, minus, lebih banyak. Jadi average (rata-rata) tidak tumbuh, padahal Lebaran adalah momen puncak bagi kami," ucapnya. (CNN Indonesia).

Selain itu, penyebab sejumlah toko ritel mengalami gulung tikar atau yang sering dikenal dengan istilah bangkrut adalah pergeseran tren belanja masyarakat di Indonesia.

Sebab dewasa ini masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan jasa penjualan berbasis online seperti E-Commerce atau  Market place dari pada pasar langsung (offline).

Mengkipun belum ada data resmi yang mencantumkan ini tetapi secara kasat mata bisa kita lihat dengan mulai menjamurnya usaha on line.

Perubahan tren ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi telah terjadi juga di seluruh belahan dunia lainnya dan akan terus terjadi mengikuti perilaku manusia modern (generasi milenial) yang menyukai kemudahan dalam transaksi dan efiensisi dalam waktu.

Akibatnya, beberapa industri dan bisnis terpaksa atau dipaksa untuk beradaptasi dengan tuntutan generasi z menurut istilah sekarang.

Ekspansi bisnis ke dunia digital atau online bukan lagi menjadi pilihan tetapi sudah menjadi keharusan yang harus disegerakan. Mudahnya menjalankan bisnis online mengakibatkan ledakan jumlah toko online di seluruh dunia.

Modal kecil, tanpa resiko kerugian, membuat toko online dalam beberapa menit dan peluang keuntungan besar, menjadi beberapa alasan banyak orang untuk terjun ke bisnis online dengan menggunakan hosting murah yang banyak ditawarkan di Indonesia.

Beberapa marketplace berbasis on line yang lagi buming antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, e-Bay, Lazada, Bukalapak, Shopee, JD.id dan ribuah toko in line perorangan.

Belum lagi klo kita amati pada media sosial yang kita miliki banyak berseliweran iklan produk-produk yang menawarkan jasa jual beli secara on line.

Tak ketinggalan usaha Grab, Gojek yang dulu hanya menyediakan jasa tranfortasi sekarang merambah juga jasa marketplace untuk makanan dan lain-lain. Tak ketinggalan google sebagai mesin pencari terpopuler di Indonesia juga menyediakan mesin pencarian untuk promosi usaha. [***]


Suparman, S.ST, MM
Statistisi Ahli Muda, BPS Kab. Pati



Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00