Festival Bedhayan Perkenalkan Pusaka Kerajaan Jawa Jaman Dahulu

Budaya  SENIN, 24 JUNI 2019 , 14:18:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Festival Bedhayan Perkenalkan Pusaka Kerajaan Jawa Jaman Dahulu
RMOLJateng. Ketua Yayasan Pawiyatan Kabudayaan Kraton Surakarta GKR. Wandansari Koes Murtiyah (Gusti Moeng) mengaku bangga bisa berpartisipasj sebagai tokoh Tari Bedhayan dalam Festival Bedhayan 2019 di Jakarta.

Gusti Moeng didaulat enjadi juri dua tokoh yakni KP Sulistyo Tirtokusumo dan Wahyu Santoso Prabowo.

Menurutnya dengan even ini diharapkan bisa melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional, mempopulerkan karya agung bangsa Indonesia, menanamkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Termasuk memperkenalkan pusaka kerajaan Jawa jaman dahulu yaitu tari ‘Bedhaya’.

Dalam festival ini ditampilkan tari Bedhaya yakni tarian sakral dari Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Tarian tersebut sudah dimodifikasi untuk dapat dinikmati khalayak umum dan diubah menjadi Bedhayan atau Bedhaya-Bedhayaan”. Diikuti oleh 14 sanggar tari yang ada di Jakarta.

"Saya sangat senang juga bangga  karena Tari Bedhaya bisa menasional bahkan mendunia," jelasnya kepada RMOLJateng, Senin (24/6).

Ditambahkan putri dari Sinuhun PB XII ini, walaupun sudah diperbolehkan ditarikan di luar Keraton Solo, tarian Bedhoyo berubah namanya menjadi Tari Bedhayan. Hal ini karena sudah diadaptasi dengan gerakan-gerakan baru dan penarinya yang tidak harus asli keraton.

Sementara itu khusus Tari Bedhoyo Ketawang, lanjutnya, sampai saat ini tidak diijinkan untuk dipentaskan di luar Kraton Kasunanan Surakarta. Tarian Bedaya Ketawang merupakan tarian sakral yang hanya dipentaskan sekali setiap tahunnya dalam acara Jumenengan atau upacara kenaikan tahta raja Keraton Surakarta.

"Tari Bedhoyo Ketawang belum diizinkan untuk keluar keraton. Bedhoyo Ketawang itu pusaka, jadi ada perjanjian eyang-eyang saya dengan para penjaga tanah Jawa," jelas Gusti Moeng. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00