Tuntutan Ditolak, Buruh Akan Lapor Ke Gubernur Jateng

Nusantara  SENIN, 24 JUNI 2019 , 12:42:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Tuntutan Ditolak, Buruh Akan Lapor Ke Gubernur Jateng
RMOLJateng. Tim Lembaga Bantuan Hukum Semarang, akan segera melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh PT Roda Makmur Sentosa Semarang ke Polda dan Gubernur Jawa Tengah.

Laporan tersebut merupakan buntut dari penolakan pihak perusahaan atas tuntutan para buruh dalam unjuk rasa yang digelar di depan perusahaan, Senin (24/6) siang.
"Kami banyak mendapat pengaduan dari kawan kawan buruh yang bekerja di perusahaan ini. Mereka mengaku dilarang mengerjakan sholat sebelum selesai jam kerja. Bahkan, perusahaan diduga memelihara anjing untuk mengejar para buruh yang tetap mengerjakan sholat," ujar Ivan Ibrahim, Divisi Hukum dan Advokat Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi).

Sementara itu, salah satu mantan karyawan perusahaan, Urip Mulyo, mengaku bekerja sebagai teknisi perakitan sepeda sejak tahun 2016 silam. Selama bekerja, dirinya mengaku banyaknya pelanggaran yang dilakukan pihak perusahaan.

"Yang saya tau, setiap ada karyawan baru, pihak perusahaan melarang buruh wanita mengenakan hijab. Selain itu, pihak perusahaan juga melarang untuk mengerjakan sholat sebelum jam kerja selesai, padahal jam kerja dimulai pada pukul 08.20 sampe sampai 16.45," aku Urip.

Unjuk rasa yang digelar puluhan buruh ini, diakhiri dengan mediasi antara buruh dan pihak perwakilan perusahaan. Dari hasil mediasi, pihak perusahaan bersikukuh tidak dapat memperkerjakan kembali buruh yang sudah di PHK. [jie]




Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00