Kebiasaan Bupati Purworejo Kunjungan Ke Luar Negeri Harus Ditinjau Ulang

Pemerintahan  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 15:10:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Kebiasaan Bupati Purworejo Kunjungan Ke Luar Negeri Harus Ditinjau Ulang
RMOLJateng. Kunjungan kerja Bupati Purworejo Agus Bastian bersama Ketua DPRD Luhur Pambudi dan beberapa pejabat teras lainnya ke Belanda dan Swedia, menuai pro kontra, lantaran dinilai tidak ada urgensinya.
Salah satu anggota dewan, Imam Teguh Purnomo dari Fraksi Golkar menilai bahwa kegiatan kunjungan kerja luar negeri yang kerap dilakukan oleh eksekutif perlu ditinjau ulang.
Pasalnya, kegiatan tersebut hingga kini belum terasa manfaatnya secara nyata bagi kepentingan masyarakat.
Untuk kedepan bisa menjadi koreksi disetiap pembahasan anggaran yang diajukan eksekutif, supaya cermat betul untuk memberikan anggaran sesuai kepentingan yang lebih besar,” ungkap Iim kepada wartawan.
Jangan sampai kecolongan lagi anggran ratusan juta hanya digunakan untuk plesiran yang berkedok studi banding oleh Bupati dan pimpinan DPRD,” tegas Imam.
Sementara itu, kritikan pedas dilontarkan oleh anggota DPRD Fraksi PKS, Ngadianto, ia menilai kunjungan yang dilakukan Bupati tidak mendesak dilakukan saat ini.

Justru yang lebih penting adalah perningkatan kualitas dan kuantitas layanan dasar publik, seperti jalan dan jembatan yang mustahil di biayai publik.
Semoga lawatan ke Eropa membawa manfaat riil bukan sekedar kata-kata dan narasi mimpi-mimpi indah yang hanya jadi angin surga untuk Purworejo Mulyo dan Berkah, karena menghabiskan anggaran ratusan juta. Kita akan lihat progess report kunjungan kerja walau dengan dalih undangan. Apasih manfaat mendasar yang didapat masyarakat Purworejo,” tegasnya.

Lain lagi dengan pegiat sosial di Purworejo, Dewa Antara yang menganggap bahwa kunjungan kerja ke liar negeri tidak masalah selama ada manfaatnya bagi masyarakat.
"Bupati sebaiknya melaporkan dan membuat rencana tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja tersebut. Masyarakat bisa menilai apakah kegiatan tersebut berdampak positif atau hanya sekedar menghabiskan anggaran," kata Dewa Antara.
Aan juga meminta DPRD sebagai lembaga yg mewakili rakyat bisa terus memantau dan mengukur keberhasilan program yang merupakan tindak lanjut  tujuan kegiatan di luar negeri.

Seperti diwartakan sebelumnya, Bupati, Ketua DPRD, Sekda Purworejo Said Romadon, Kepala Bappeda Pram Prasetyo Achmad dan Kadinparbud Agung Wibowo, bertandang ke luar negeri dalam rangka kunjungan kerja. Sebelumnya bupati memboyong beberapa pejabat ke Hungaria, Kroasia, dan Thailand, kini Bupati lawatan ke Belanda dan Swedia, sejak Senin (17/6) lalu.[dit]


Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00