Wakil Bupati Purworejo Launching Produk UMKM

Ekonomi  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 13:13:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Wakil Bupati Purworejo Launching Produk UMKM
RMOLJateng. Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan produk-produk UKM terbentur pemasaran yang sulit. Padahal usaha rumahan memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti dalam acara launching produk UKM pada gerai toko modern milik PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang bertempat di Alfamart Alun-alun Purworejo (20/6) siang.

Hadir dalam acara tersebut, selain Wabup adalah Kepala Dinkop KUKM Purworejo, Gandi Budi Suproyanto, Kepala Cabang Cilacap Dede J Wardhana serta beberapa pejabat Muspika Purworejo.
Yang membanggakan, produk IRT Purworejo yang bisa masuk gerai mini market tersebut berjumlah 31 item, menjadi yang terbanyak di Indonesia.
"Sebelumnya, ada 60 produk yang diajukan untuk bisa dipajang pada gerai-gerai Alfamart, namun hanya 31 yang disetujui. Saya berharap produk-produk UKM lokal ini dipajang oada display yang strategis. Sehingga bisa dilihat langsung oleh masyarakat," harap Yuli Hastuti.
Agar produk rumahan bisa masuk ke gerai toko modern, ada seleksi yang dilakukan oleh pihak toko dan Dinkop KUKM Purworejo. Menurut Neni Restini, Merchandising Manager, seleksi produk harus sesuai standar BPPOM, gramasi, komposisi, halal, harus memiliki ijin usaha dan siapa yang memproduksi.

"Kami utamakan adalah produk-produk yang dibuat oleh industri rumah tangga. Harga, varian produk dan packaging juga masuk dalam kriteria. Tujuan perusahaan kami memang untuk meningkatkan dan memasarkan produk-produk UKM," lanjut Neni.
Dalam menentukan produk yang layak display, pihaknya mencari produk yang fast moving (cepat laku). Setiap tiga bulan akan dilakukan review hasil penjualan, yang kurang laku akan dipertimbangkan lagi apakah masih bisa dijual di toko atau tidak.
Kadinkop KUKMP, Gandi Budi Supriyanto menegaskan bahwa gerai toko modern adalah mitra pelaku UKM, bukan musuh atau kompetitor. Jadi harus bekerja sama agar produk-produk UKM dan Industri rumah tangga bisa bersaing dengan produk pabrikan. [jie]
 

Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00