Hadapi Proses Sertifikasi, Bendungan Logung Segera Ditata

Daerah  RABU, 19 JUNI 2019 , 16:38:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Hadapi Proses Sertifikasi, Bendungan Logung Segera Ditata
RMOLJateng. Pemerintah Kabupaten Kudus berencana untuk segera menara bendungan Logung.

Hal ini melihat tingginya antusias warga untuk memanfaatkan bendungan logung. Beberapa warga Desa Kandangmas dan Desa Tanjungrejo membuat perahu wisata.

Bupati Kudus HM Tamzil mengatakan, adanya bendungan logung memberi peran penting bagi sektor pertanian, persediaan air baku dan pariwisata.

Pada sektor pertanian sedang diupayakan dapat bermanfaat secara optimal pada musim tanam 2020 nanti.

Kemudian untuk persediaan air baku dan air bersih sepenuhnya diserahkan kepada PDAM untuk pro aktif berkomunikasi dengan BBWS.

Dari semua sekor, pariwisata merupakan sektor terpenting karena mempunyai potensi tertinggi.

Pariwisata ini paling penting, Kita sepakat ada empat zona wisata. Sesuai kemampuan anggaran zona 1 dan 4 prioritas untuk dikerjakan dulu. Tahun 2020 pembebasan lahan dengan memakai dana 21 M dari bantuan gubernur,” ujarnya.

Saat ini telah beroperasi perahu-perahu buatan warga yang belum memenuhi standar.

Warga yang mengoperasikan perahu pun belum mempunyai izin. Mengindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkab Kudus membuka komunikasi dengan BBWS Pemali Juana terkait langkah yang perlu dilakukan.

Rapat ini mendesak adanya semangat masyarakat ingin yang ingin melihat logung, mohon informasi dari BBWS apakah boleh adanya perahu-perahu wisata saat ini, kalau belum boleh, kita tertibkan. Dari pemda akan coba mengakomodir atau memberi pelatihan apabila izin sudah ada,” katanya.

Adanya aktivitas warga di kawasan bendungan dikhawatirkan akan menganggu proses sertifikasi bendungan logung.

Kasat Pembangunan Bendungan BBWS Pemali Juana Carya Andi mengungkapkan, Bendungan Logung saat ini masih membutuhkan dua sertifikasi.

Proses sertifikasi untuk impounding atau pengisian dan pengosongan waduk akan dilakukan akhir Juni. Pertama, sertifikasi impounding yaitu pengisian dan pengosongan, jadi ini kita sudah isi penuh dan akan kita kosongkan sampai titik terendah, dan akan kita amati perilaku bendungan itu sendiri seperti apa, apakah memenuhi atau aman, setelah itu baru kita isi kembali. Pengosongan diperkirakan 2-3 bulan, pengisian juga sama,” ujarnya.

Jalannya proses tersebut diprediksi akan mempengaruhi proses MT (musim tanam) 1 tahun berikutnya. Awal MT 1 pada Bulan Oktober sampai November akan mendapatkan dampaknya. Kemungkinan akan berpengaruh pada MT 1 bulan Oktober sampai November,” kata Andi. [hen]


Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00