Pemkot Semarang Rencana Tutup Sunan Kuning Pada Agustus 2019

Pelaku Usaha Rumahan Harap-Harap Cemas

Nusantara  JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Pemkot Semarang Rencana Tutup Sunan Kuning Pada Agustus 2019
RMOLJateng. Pada Agustus 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, berencana menutup Resosialisasi Argorejo atau yang lebih dikenal sebagai lokalisasi Sunan Kuning di Kelurahan Kalibanteng, Semarang Barat.

Hal ini pun kemudian ditanggapi warga Sunan Kuning, terutama para pelaku usaha rumahan di area tersebut, yang menolak rencana Pemkot tersebut.

"Ya kami tidak setuju. Masalahnya di sini nggak cuma lokalisasi, tapi juga ada sumber perekonomian lain bagi kami, seperti warung dan salon ini," kata Elly (52), salah seorang pemilik salon di area Sunan Kuning, Jumat (14/6/2019).

Menurut Elly, banyak teman-temanya yang merupakan pelaku usaha rumahan di Sunan Kuning punya keterampilan dan potensi bisnis yang mumpuni.

"Apalagi di sini itu Resos (Rehabilitasi Sosial) yang mengajari kami banyak keterampilan, bagi kami yang kurang berpendidikan secara formal, hal ini bermanfaat," ujarnya.

Senada dengan Elly, Sutinah (56) pelaku usaha warung kelontong di area dekat makam mengaku akan sangat kecewa bila rencana aturan penutupan itu jadi dilaksanakan.

"Sangat tidak setuju, karena masalahnya ini jadi satu-satunya sumber mata pencaharian saya. Terutama sudah masuk usia tua begini, buat masa tua kan kalau ngerepotin anak-anak nggak enak," ucapnya.

Sutinah yang memiliki tiga orang anak ini, kini tinggal sendirian di rumahnya yang juga dijadikan sebagai warung. Sudah sejak tahun 2000 awal dia memiliki usaha warung di Sunan Kuning.

Ketika ditanya soal omzet pendapatan, Sutinah mengaku cukup untuk bisa digunakan sebagai biaya hidup sehari-hari. [jie]







Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00