Banser Dan Santri Jaga Perayaan Pentakosta Di GKJ Pengalusan

Daerah  KAMIS, 13 JUNI 2019 , 16:48:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Banser Dan Santri Jaga Perayaan Pentakosta Di GKJ Pengalusan
RMOLJateng. Kerukunan umat beragama di Purbalingga, terus digelorakan. Seperti yang dilakukan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Pengalusan yang berada di Desa Pengalusan, Kecamatan Mrebet, yang akan menggelar perayaan Pentakosta, di gereja setempat, Sabtu-Minggu (15-16 Juni).

Tema yang diambil "Endahing Seduluran" atau indahnya persaudaraan.
 
Dalam kegiatan ini, panitia melibatkan Satuan Koordinasi Rayon-Barisan Ansor Serba Guna Nahdlatul Ulama (Satkoryon Banser) Kecamatan Mrebet untuk keamanan dan menghadirkan puluhan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlatus Sholikhin Sukawarah, Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga.
 
Dalam perayaan Pentakosta itu, ditandai lelang hasil pertanian dan ternak atau undhuh-undhuh dan grebeg serta rebutan gunungan hasil bumi.

Kemudian ada pemutaran film oleh Cinema Lovers Community (CLC) atau komunitas penggiat film pendek Purbalingga dan dialog lintas agama yang menghadirkan lima narasumber.  

Kelima narasumber itu, KH Akhmad Khotib dari Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (4) PCNU) Purbalingga, Pdt Maria Puspitasari, S.Si dari Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purwokerto, dr Mulyadianto  dari Forum Kerukunan Umat Beragama/FKUB Purbalingga, Ugo Untoro (seniman asal Purbalingga yang kini tinggal di Jogja) dan Marno dari Yayasan Kalam Purbalingga.

Sedangkan moderator acara, Ustadz Sukhedi dari Bobotsari.
 
"Acaranya kami kemas sedemikian rupa, agar kebersamaan yang toleran antar sesama manusia di Purbalingga terjalin erat," ujar ketua panitia Perayaan Pentakosta GKJ Pengalusan, Pendeta Bagus Imam Tjahyono STh di Purbalingga, Kamis (13/6).
 
Kegiatan ini, ujar dia, sebagai ungkapan rasa syukur para petani dan peternak di kaki Gunung Slamet atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kelengkapan pangan hasil bumi dengan segala isinya kepada manusia.

Juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahas Esa, karena lewat peristiwa Pentakosta manusia dipersatukan dalam persaudaraan," ujarnya. [hen]

Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00