Kuasa Hukum Taufik Kurniawan Nilai Nama Kliennya 'Dijual'

Hukrim  RABU, 12 JUNI 2019 , 19:53:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Kuasa Hukum Taufik Kurniawan Nilai Nama Kliennya 'Dijual'
RMOLJateng. Kuasa hukum Taufik Kurniawan, Elsa Syarief, mengatakan nama kliennya dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi.

Elsa menilai Taufik tidak menerima uang sedikitpun atas perkara dugaan suap yang menimpanya. Bahkan. Lanjut dia, kliennya tidak mengetahui jika telah terjadi pemberian uang untuk urusan DAK Kabupaten Kebumen dan Purbalingga itu.

"Melihat ini, kita berasumsi bahwa namanya dijual ya. Kita tahu sendiri, bagaimana intrik dalam parpol. Saling jegal dan sebagainya," kata Elsa, usai sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (12/6).

Lebih jauh, Elsa menerangkan jika saat bertemu dengan Yahya Fuad maupun Tasdi, kliennya tidak pernah meminta atau melakukan negosiasi terkait pengurusan DAK tersebut.

"Dengan kondisi seperti itu, kita berharap majelis hakim dan jaksa memiliki pertimbangan yang adil dan sepantasnya," imbuh dia.

Terkait pengembalian uang sekitar Rp. 4,2 miliar, Elsa mengatakan kliennya memiliki tanggung jawab moral lantaran dirinya sebagai pengurus PAN.

Hal tersebut dikarenakan uang yang diberikan oleh Yahya Fuad dan Tasdi digunakan untuk operasional PAN saat rapat kerja.

"Yang bersangkutan mengenai uang dengan Yahya Fuad, sudah almarhum. Menjadi tanggung jawab Pak Taufik untuk mengembalikannya. Karena dia sebagai pengurus PAN," pungkas dia.

Taufik didakwa menerima suap Rp 4,85 miliar dari Yahya dan Tasdi untuk meloloskan penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi Kebumen dan Purbalingga.

Dari Yahya, Taufik diduga menerima Rp 3.65 miliar yang diberikan melalui politikus PAN, Rachmad Sugiyanto. Sementara suap dari Tasdi adalah sebesar Rp 1,2 miliar yang diberikan melalui Ketua DPW PAN Jateng, Wahyu Kristianto.

Atas perbuatannya, Taufik didakwa dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. [jie]





Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00