21 Gunungan Kupatan Kanjeng Sunan Muria Jadi Rebutan Warga

Budaya  RABU, 12 JUNI 2019 , 18:21:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

21 Gunungan Kupatan Kanjeng Sunan Muria Jadi Rebutan Warga
RMOLJateng. Sebanyak 21 gunungan diarak di kawasan gunung muria ke taman Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Rabu (12/6).

Gunungan itu direbutkan warga sekitar.

Tradisi itu dalam rangka kupatan kanjeng Sunan Muria. Susunan seribu ketupat dan lepet ini sebelumnya dibawa ke masjid Sunan Muria untuk didoakan bersama.

Selanjutnya ribuan ketupat lepet tersebut diarak menuruni gunung muria ke sebuah taman di desa Colo Kecamatan Dawe.

Setelah itu kemudian direbutkan oleh para ribuan warga yang hadir dalam tradisi kupatan tersebut.

Salah satu warga Darinah rela berdesak-desakan untuk membawa pulang ketupat itu. Ia percaya bahwa kupat yang direbut tersebut memiliki berkah.

"Ini lepet sama ketupat iya tadi ikut rebutan dapat sekedare mas. Ini nanti mau dimakan sama keluarga iya mengharap berkahnya aja dari mbah kanjeng sunan muria ya supaya keluarga sehat walafiat rejeki lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kudus HM Tamzil mengatakan kupat atau lepet ini dalam bahasa jawanya ada lepat. Yang artinya berani mengakui salah kepada Tuhan yang Esa. Serta berjanji tidak akan mengulangi lagi setelah kembali fitrah di hari raya idul fitri.

Kupatan ini masyarkat bisa saling memaafkan bisa saling bersilaturahim dan saya kira puncak peringatan satu syawal itu,” katanya.

Sementara itu, tak hanya prosesi tersebut. Tradisi itu juga diwarnai dengan berbagai macam penampilan kesenian daerah Kabupaten Kudus. [hen]

Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00