Wisata Alam Jateng Jadi Primadona Sepanjang Libur Lebaran

Pariwisata  SELASA, 11 JUNI 2019 , 20:06:00 WIB | LAPORAN: BAKTI BUWONO

Wisata Alam Jateng Jadi Primadona Sepanjang Libur Lebaran
RMOLJateng. Obyek wisata alam jadi primadona pada momen libur lebaran.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rahmadi mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan pada libur lebaran tahun ini mencapai 40 persen dibanding hari biasa dan weekend.

"Sebelum lebaran kami memprediksikan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Jateng naik 25 persen, tapi ternyata dari pantauan dan laporan yang masuk sementara ini, kenaikan di masing-masing obyek wisata di Jateng mencapai 40 persen," kata Sinung saat ditemui, Selasa (11/6/2019) sore.

Ditanya soal angka pasti, Sinung mengatakan bahwa angka kunjungan wisatawan itu belum muncul saat ini.

Untuk data riil jumlah kunjungan di sejumlah destinasi wisata Jateng, biasanya dilakukan pada akhir tahun.

"Terkait kenaikan 40 persen itu berdasarkan pantauan kami serta laporan dari sejumlah pengelola obyek wisata. Misalnya di hari biasa atau weekend kunjungan wisatawan 1000 orang, pada libur lebaran kemarin bisa mencapai 1400 orang perhari," terangnya.

Sinung menerangkan, destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi adalah wisata alam.

Di sejumlah lokasi seperti Solo, Wonosobo, Tegal, Magelang, Banyumas, Jepara, Tegal, Semarang dan daerah lain, destinasi wisata alam menjadi yang paling banyak dikunjungi.

"Soalnya sekarang ini sudah menjadi trend, bahwa masyarakat lebih senang kembali ke alam. Sehingga obyek wisata alam seperti dataran tinggi, pegunungan, air terjun, sungai, pantai, danau dan lainnya menjadi lokasi favorit untuk berkumpul bersama keluarga," imbuhnya.

Di lain kesempatan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mengatakan bahwa lebaran tahun ini menjadi berkah bagi warga Jawa Tengah.

Selain itu, sejumlah destinasi wisata juga ramai dikunjungi wisatawan.

"Saya kemarin keliling di beberapa destinasi wisata di Jateng dan hampir semuanya ramai dikunjungi wisatawan. Ini sangat baik, untuk itu saya selalu berpesan agar pengelola tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan wisatawa. Harganya jangan ngepruk ya, kalau tempat wisatanya bagus, bersih, aman dan nyaman, maka nanti wisatawan merasa kerasan berlama-lama di Jawa Tengah," ucapnya. [jie]





Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00