Pemudik Banyak 'Kemproh', Ganjar : Saya Akan Gelar Konggres Sampah

Nusantara  SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:35:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Pemudik Banyak 'Kemproh', Ganjar : Saya Akan Gelar Konggres Sampah
RMOLJateng. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan paska pemantauan arus mudik lebaran, pihaknya menggelar rapat evaluasi dan salah satu pokok bahasan adalah soal kumuhnya kondisi sekitar jalan tol dan rest area.

Untuk mengantisipasi persoalan sampah di tol dan di wilayah Jateng ini terus berkembang maka, Ganjar berinisiasi untuk menggelar 'Konggres Sampah'

"Tadi kita sudah rapat soal itu (sampah), rasa-rasanya saya perlu membuat konggres sampah ini," tegas Ganjar.

Konggres Sampah ini, menurut Ganjar sebagai bentuk ajakan dirinya kepada warga negara Indonesia dan rakyat untuk peduli terhadap persoalan sampah di Indonesia.

"Jadi konggres sampah ini semua peduli tentang sampah ini, baik dari sisi sosial, sisi psikologis dan sisi teknologinya, dari sisi pemanfaatan , pengelolaannya biar semua tumplek blegh jadi satu. Karena sebetulnya peralatan banyak tapi kok nggak bisa efektif yah," katanya.

Di konggres ini akan dibahas segala sesuatu terkait persoalan sampah dari berbagai sisi.

"Yah wis to energi seperti apa? Yang tidak memcemari seperti apa? Teknologi terbaik seperti apa, inveatasinya terbaik seperti apa? Kita masyarakat menjaganya harus seperti apa? Kita masyarakat naruhnya seperti apa? Sampai mesti dimana,? tuturnya.

Termasuk, Ganjar juga menyinggung soal kerjasama pihaknya dengan negara Denmark yang sampai saat ini masih berjalan.

"Itu titiknya di wilayah tertentu. Yang sudah bagus dan sudah jalan baik itu tempatnya di Cilacap dan Kota Semarang going terus dan sudah Going To Energi. Maka tinggal kita mengelola sampahnya untuk Wise To Energi agar stok energinya tidak putus," terangnya.

Ganjar juga menyesalkan karena dari hasil pantauannya selama arus mudik dan arus balik, kesan kumuh dan jorok sangat terlihat, teritama di sepanjang jalan tol maupun di rest area.

"Yang kemarin soal prilaku membuangnya saja sehingga tontonannya menjadi tidak bagus. Kelihatan kemproh! Ngunu,! tandasnya.

Soal evaluasi mudik, Ganjar menilai sudah aman dan kancar dan relatif bagus.

"Tinggal mungkin resta area, termasuk soal sampah, ini banyak yang nyampah! Rasa-rasanya pertama itu memang soal prilaku yang mesti dirubah. Kedua, kemudian kita harus ada bicara fasilitas yang kemudian akan disediakan oleh pemerintah, dari sosiologisnya, instrumentnya, termasuk merubah prilakunya," pungkas Ganjar. [jie]





Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00