Dinkes Wonogiri Periksa Pengemudi Angkutan Lebaran

Kesehatan  MINGGU, 09 JUNI 2019 , 12:59:00 WIB | LAPORAN: TULUS PREMANA

Dinkes Wonogiri Periksa Pengemudi Angkutan Lebaran
RMOLJateng. Guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kondisi kesehatan pengemudi, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri menggelar tes kesehatan bagi pengemudi sopir bus arus balik, di Terminal Giri Adipura Wonogiri.

"Ini merupakan kegiatan pekan keselamatan jalan bidang kesehatan, sehingga dilakukan pemeriksaan dan deteksi faktor resiko kecelakaan lalu lintas bagi pengemudi bus angkutan lebaran di Kabupaten Wonogiri," jelas Adhi Dharma, Kepala DKK Wonogiri.

Dipaparkan, pemeriksaan meliputi pemeriksaan Kesehatan ( Vital Sign), pemeriksaan Lab ( kadar Alkohol, Gula Darah, Narkoba/Amphetamin) dan pengobatan.

"Target yang diperiksa sebanyak 100 Driver, namun dalam pelaksanaannya ada 102 yang diperiksa. Adapun hasilnya, driver yang hypertensi ada 37 orang, diabetes mellitus  6 orang, tidak ada yang terdeteksi alkohol dan narkoba," jelasnya.

Dari sopir sejumlah itu, lanjutnya, yang dinyatakan laik mengemudikan secara medis ada 54 pengemudi, dan sopir yang dinyatakan laik mengemudikan secara medis dengan 'catatan' ada 45 pengemudi dan sopir yang tidak laik secara medis ada satu pengemudi.

"Sopir yg tidak dapat mengikuti Pemeriksaan secara lengkap ada tiga pengemudi, karena takut dengan jarum suntik, untuk pengambilan sampel darah," jelas Adhi.

Sedangkan tindak lanjut untuk sopir yang tidak laik mengemudi secara medis, lanjutnya, berkoordinasi dengan pihak Kepala Terminal Type A Wonogiri dan Satlantas Polres Wonogiri untuk digantikan dengan sopir pengganti, dan yang bersangkutan untuk sementara tidak diperkenankan mengemudikan kendaraan umum, sampai kondisi kesehatannya memungkinkan untuk mengemudi kembali.

Adhi Dharma juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Wonogiri selaku Ketua TP4GN Wonogiri, Waka Polres Wonogiri, Kasat Narkoba Polres Wonogiri, Kasat Lantas Polres Wonogiri, Kepala Terminal type A Wonogiri, Kepala Dinkes Wonogiri. Perwakilan BNN Prop.l Jateng, Perwakilan Dinkes Prop Jateng, staf Dishub Wonogiri, Staf Kantor Kesbangpol, Staf Satpol PP Wonogiri, Kapolsek Selogiri, Ka.Pusk.Selogiri, dan Staf Dinkes Wonogiri. [jie]





Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00