Tak Dapat THR, CPNS Dapat Bingkisan Dari Bupati

Nusantara  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 16:51:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Tak Dapat THR, CPNS Dapat Bingkisan Dari Bupati
RMOLJateng. Tahun pertama bertugas, para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Purbalingga ini, belum bisa menikmati Tunjangan Hari Raya (THR). Meski demikian, mereka diberi bingkisan sebagai bentuk perhatian dan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga, Drs Subeno SE MSi menjelaskan, sebanyak 387 CPNS tersebut baru diberi Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) tanggal 8 April 2019 dan SK CPNS diterima tanggal 5 April. Sehingga gajian pertama baru mulai tanggal 1 Mei.

Sementara itu, pemerintah pusat beberapa waktu lalu telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No 35/2019 tentang Gaji Ke-13 dan PP No 36/2019 tentang THR.

Ketentuannya THR diberikan berdasarkan gaji yang diterima bulan April, atau 2 bulan sebelum hari raya. Sementara CPNS di Purbalingga April belum gajian. Oleh karena itu dengan terpaksa THR untuk CPNS tahun ini belum bisa diberikan. Baru dapat tahun depan,” kata Subeno, Jum’at (31/5).
Meski demikian,Subeno memastikan para CPNS ini akan bisa mendapatkan Gaji Ke-13 di Bulan Juli mendatang.

"Karena ketentuan Gaji Ke-13 mengacu pada besaran gaji bulan Juni. Baik Gaji regular, THR maupun Gaji ke-13 memiliki besaran yang sama. Tanggal 1 Juni meskipun tanggal merah, gaji tetap bisa dicairkan,” katanya.
Sementara itu Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyampaikan permohonan maaf atas tidak bisa diberikannya THR khusus CPNS di tahun pertama ini. Hal tersebut sepenuhnya disebabkan benturan regulasi.
Kami sudah mengupayakan dengan bersurat ke BPK Jateng, ke BKN dan Kemenkeu terkait pembayaran THR untuk CPNS ini, akan tetapi surat balasan mereka menjawab bahwa segala sesuatu harus mengikuti regulasi yang ada. Apabila dipaksakan satu dan lain hal mereka tidak akan bertanggungjawab apabila sewaktu waktu ke depan ini menjadi temuan BPK, akan membahayakan tidak hanya bagi Pemda tapi bagi panjenegan semuanya,” katanya. [jie]

 


Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00