Hendi Resmikan Posko Mudik Lintas Agama 'Peduli Kasih'

Daerah  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 00:22:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Hendi Resmikan Posko Mudik Lintas Agama 'Peduli Kasih'
RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meresmikan posko mudik lintas agama "Peduli Kasih" di Kawasan Taman Kendalisodo Jln Sultan AgungKamis (29/5) malam.

Posko diinisiasi dan kerjasama antara Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gereformeerd Semarang diresmikan walikota usai melaksanakan shalat tarawih di Masjid Jagalan.

Hadir dalam acara peresmian posko, Ketua Tanfidz NU Kota Semarang KH Anasom, Sesepuh NU Kyai Rohadi, Pendeta GKI Gereformeerd Semarang Rahmad Rajagukguk dan Pendeta Utomo.

Ketua GP Ansor Kota Semarang Rahul Auliya mengungkapkan, posko lintas agama "Peduli Kasih" ini salah satu posko dari sembilan posko yang dibangun dalam rangka menyambut arus mudik.

"Posko ini berkat kerjasama dan huhungan toleransi yang baik antara Ansor dan GKI. Pak Rahmad ajak, langsung saya terima. Ansor selalu bisa bekerjasama untuk kebhinekaan dan NKRI," ungkapnya.

Rahul berharap, kegiatan ini sebagai bentuk tingginya nilai toleransi dan akan berkelanjutan di masa mendatang.

"Namun, tetap akan bisa berjalan dalam bentuk kegiatan dan acara lainyya selanjutnya. Kalau ini bisa berlanjut dengan baik  maka negara kita, NKRI tidak terpecah belah," harapnya.

Sementara itu, pendeta GKI Gereformeerd Semarang Rahmad Paska Rajagukguk mengungkapkan posko yang didirikan oleh gereja sudah berjalan selama 11 tahun.

"Posko GKI di dua titik, di sini dan di Kawasan Puri Anjasmoro depan SPBU di Arteri. Kita juga bekerjasama dengan delapan GKI di Kota Semarang dengan dukungan umat yang berbagi. Pelayanan ini menunjukan kasih dan tidak ada sponsor, tidak ada kegiatan agama yang mengganggu," ujarnya.

Diamenjelaskan, di posko ini disediakan tempat untuk sholat, jasa pijat gratis dan beberapa jenis makanan secara gratis.

"Kami sangat didukung oleh Pak Lurah dan Pak Camat, ketika sowan ke Kelurahan dan Kecamatan baik, kerjasama antara pemerintah dan gereja, sampai akhirnya kita ingin, posko ini menjadi posko kerukunan agama," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Hendi menegaskan, keberadaan posko mudik lintas agama "Peduli Kasih" ini sangat membantu, terutama bagi para pemudik yang melakukan budaya pulang kampung yang tidak ada di negara-negara lain.

"Pemerintah siapkan tol dibuat jalur one way, dilakukan pemerintah dengan berkoordinasi dengan TNI Polri. Apalagi, dipastikan jika pemudik akan mengalami kelelahan diatas kendaraan selama lima  jam. Keberadaan posko ini sangat membantu," tegasnya.

Dia berharap keberadaan posko mudik lintas agama ini bisa menjadi contoh kabupaten/kota lain diseluruh Indonesia. Selain itu, menjadi bukti Kota Semarang merupakan kota dengan toleransi dan kebersamaan tinggi.

"Posko ini paling mewah di antara posko lain di Kota Semarang. Apalagi, simbolnya luar biasa, simbol kerukunan umat antar agama. Di hari ini yang menjadi persoalan, antar agama tidak akur tapi kita buktikan ada pioner di Kota Semarang. Mudah mudahan ini jadi bantuan pemudik dan berkah serta menjadi contoh, terutama berkah bagi yang terlibat dalam acara dan posko ini," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00