Perhatikan Komposi Bahan Makanan Dalam Parsel

Kesehatan  SENIN, 27 MEI 2019 , 12:27:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Perhatikan Komposi Bahan Makanan Dalam Parsel
RMOLJateng. Tradisi unik menjelang Hari Raya Idulfitri di Indonesia adalah membagikan parsel. Hantaran tersebut sebagai simbol untuk mempererat silaturahmi kepada keluarga, rekan kantor dan lainnya.

Namun begitu, ada hal penting yang perlu diperhatikan adalah membaca label.

"Label adalah keterangan tentang isi, jenis, komposisi zat gizi, tanggal kadaluarsa dan keterangan penting lainnya sebagaimana yang dicantumkan pada kemasan,” kata Spesialis Gizi dari RSI Sultan Agung, Dr Retno Triwulandari, M.Gz dalam siaran rilisnya, Senin (27/5).

Dia menerangkan, keterangan yang melekat pada label makanan dapat membantu konsumen kandungan di dalam makanan tersebut.

Selain itu, lanjut dia, dapat memperkirakan risiko yang mungkin terjadi pada konsumen yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Konsumen harus membaca label pangan yang dikemas. Terutama keterangan tentang informasi kandungan zat gizi dan tanggal kadaluarsa sebelum membeli atau mengkonsumsi makanan tersebut,” paparnya.

Dia menerangkan, parcel rata-rata didominasi makanan instan banyak mengandung garam dan lemak. Merujuk Peraturan Menteri Kesehatan no 30 tahun 2013 menyebutkan jika konsumsi gula lebih dari 50 gram (4 sendok makan), natrium lebih dari 2000 mg (1 sendok teh) dan lemak atau minyak total lebih dari 5 sendok makan per orang per hari.

Konsumsi berlebihan akan meningkatkan resiko hipertensi, stroke, diabetes dan serangan jantung.

Dia mengimbau, pengusaha pangan olahan juga diwajibkan mencantumkan informasi nilai gizi pada label pangan agar masyarakat dapat memilih makanan sehat sesuai kebutuhan keluarga. [hen]

Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00