Jelang Lebaran, Nasabah Tebus Perhiasan Di Pegadaian Meningkat

Ekonomi  MINGGU, 26 MEI 2019 , 03:48:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Jelang Lebaran, Nasabah Tebus Perhiasan Di Pegadaian Meningkat
RMOLJateng.  Bulan puasa, khususnya menjelang Lebaran, banyak nasabah Pegadaian menebus perhiasan yang menjadi barang jaminan gadai.

Hal tersebut disampaikan Senior Vice President PT. Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang Mulyono, Sabtu (25/4/2019) tadi malam.

"Transaksi menjelang lebaran lebih ramai dari hari biasanya. Transaksi yang meningkat diantaranya penebusan perhiasan yang menjadi barang jaminan atau yang digadaikan," tegas Mulyono kepada RMOLJateng.

Menurut Mulyono, para nasabah ini menebus perhiasan untuk digunakan  pada saat mudik maupun merayakan Hari Raya Idul Fitri.

"Orang-orang ini, para nasabah kami banyak yang mau mengambil perhiasan karena untuk digunakan pada saat Lebaran nanti," jelasnya.

Selain penebusan, Mulyono menjelaskan, transaksi gadai juga meningkat, sebab saat ini banyak  nasabah yang membutuhkan dana untuk pembiayaan sekolah anak-anaknya, sehingga mereka menggadaikan perhiasannya di PT. Pegadaian (Persero).

"Selain itu juga, (gadai) meningkat terkait kebutuhan pendanaan untuk anak sekolah. Kebetulan kan lagi musim anak untuk melanjutkan sekolah, dari SD ke SMP, SMP ke SMA, SMA ke Perguruan Tinggi ini," jelasnya.

Jumlah transaksi tersebut, Mulyono menyebut sudah mengalami peningkatan sebesar 5 persen per harinya.

"Untuk peningkatan transaksi di PT. Pegadaian cukup luar biasa, saat ini ada peningkatan sekitar 5 persen per harinya," sebutnya.

Sementara itu, Mulyono membeberkan, dibanding tahun 2018 lalu, jumlah transaksi tahun 2019 saat ini mengalami peningkatan atau kenaikan sebesar 20 persen.

Hal ini terjadi karena sudah beragamnya produk-produk jasa yang ditawarkan PT. Pegadaian (Persero) kepada nasabahnya.

"Dibanding tahun lalu, peningkatan kita sekitar 15 persen, apalagi saat ini produk kita semakin banyak. Bahkan di beberapa area, peningkatannya sampai mencapai 20 persen karena kita ada produk-produk pembiayaan haji atau arum haji, pembiayaan usaha dengan jaminan sertifikat tanah. Terus juga ada kredit channel links dengan koperasi namanya expres loan tanpa jaminan, tanpa agunan. Terus juga ada kredit pembiayaan emas mulia, yang ada diskon per gram itu Rp 10 ribu," bebernya.

Mulyono menambahkan, pihak PT. Pegadaian (Persero) telah melakukan langkah ekspansi dan kebijakan untuk melebarkan sayap dengan cara memperluas promosi dan jaringan seperti menambah jaringan agen dan jaringan pemasaran di wilayah kerjanya.

"Jadi banyak sekali promo-promo, terus juga ada tabungan emas, ada channel agen dan chanel sales forces. Jadi, peningkatanya sekitar 20 persenan dibanding tahun lalu," pungkas Mulyono.[jie]

Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00