Keracunan Pestisida, Seorang Petani Warga Purbalingga Tewas

Peristiwa  SENIN, 13 MEI 2019 , 00:14:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Keracunan Pestisida, Seorang Petani Warga Purbalingga Tewas
RMOLJateng. Suyitno Jana (60) warga Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, ditemukan tewas di sawah miliknya, Minggu (12/5). Korban diduga tewas karena keracunan pestisida.

Kapolsek Mrebet AKP Purwanto mengatakan, diduga korban meninggal dunia akibat menghirup pestisida dan jatuh hingga kepala membentur batu. 

Korban ditemukan kali pertama oleh Sakim (58), warga setempat. Korban sudah dalam keadaan tergeletak di sawah dengan punggung menggendong tanki semprotan pestisida. Kejadian itu kemudian dilaporkan kepala desa dan diteruskan ke Polsek Mrebet.

Kami bersama Tim Inafis Polres Purbalingga, dan tim medis Puskesmas Mrebet tak lama berselang pun datang ke lokasi kejadian. Kami melakukan olah TKP dan mengumpulkan keterangan dari para saksi,” kata kapolsek.

Dari keterangan keluarga, korban berangkat dari rumah pagi hari untuk menyemprot hama di sawah. Korban juga diketahui tidak memiliki riwayat penyakit menahun. Hingga korban ditemukan sudah meninggal dunia di sawah.

Menurut dr Ratna dari Puskesmas Mrebet, hasil visum tidak menemukan luka yang merupakan tanda-tanda penganiayaan. Namun dugaan kuat, korban mengalami gagal napas karena menghirup pestisida saat korban menyemprotkan ke sawah.

Ada tanda-tanda tekanan rongga dada selama kurang lebih 1,5 jam. Jadi, korban diduga menghirup pestisida yang dia semprotkan. Akibatnya korban terjatuh dan kepalanya membentur batu. Sebab, ada bekas benturan benda tumpul di kepalanya,” kata Ratna.

Setelah olah TKP dan pemeriksaan korban selesai, kemudian jenazahnya dievakuasi ke rumah. Jenazah korban selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. [jie]





Komentar Pembaca
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00