Sembilan Srikandi Raih Sembilan Kursi DPRD Sukoharjo

Politik  RABU, 08 MEI 2019 , 15:31:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Sembilan Srikandi Raih Sembilan Kursi DPRD Sukoharjo
RMOLJateng. Dari 45 kursi ada sembilan caleg perempuan diperkirakan duduk kursi legislatif DPRD Sukoharjo pada Pemilu 2019.

Komposisi caleg perempuan yang berpeluang menjadi wakil rakyat lebih banyak dibanding Pemilu 2014, yang hanya ada tujuh srikandi atau anggota dewan perempuan.

Sembilan caleg yang diperkirakan meraih kursi dewan. Diantaranya lima kursi dari PDIP yakni Umi Sunarsih, Wahyu Mulyani, Artiyana Ririn Yuanawati, Maria Kristutiningsih dan Sri Mulyani.

Jumlah tersebut turun dari pemilu sebelumnya yang ada tujuh legislatif perempuan dari PDIP. Caleg yang tidak terpilih lagi adalah K.M.A. Dina Putri Prihatini, Titik Murtini, Sri Harminingsih, Flaviana, dan Sri Prapti Mulyani.

Lalu dari PKS dan PKB masing-masing meraih dua kursi untuk caleg perempuan. Dua caleg perempuan PKS merupakan pendatang baru yang baru kali pertama mengikuti kontestasi pemilu yakni Siti Zakiyatun Ni’mah dan Sumiyati. Sementara dua kursi PKB diraih Okiviana dan Wiji Astuti.

Bersyukur saya bisa mendapat amanah. Hampir setiap hari saya bersilaturahmi dengan masyarakat maupun jemaah pengajian. Saya juga aktif menjadi pengurus kelompok kerja (pokja) Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) di wilayah Grogol,” kata caleg asal PKS di Dapil 4, Siti Zakiyatun Ni’mah, Rabu (8/5).

Sementara itu, caleg pendatang baru sekaligus caleg perempuan asal PKB, Okiviana, mengatakan baru kali pertama maju sebagai caleg dalam pesta demokrasi terbesar di Indonesia.

Oki diprediksi melenggang mulus menuju parlemen bermodal 3.669 suara. Dia berkomitmen memperjuangkan hak-hak perempuan dan masyarakat berpenghasilan rendah. Mudah-mudahan para caleg perempuan yang diperkirakan lolos mampu memperjuangkan kaum wanita di Sukoharjo,” kata dia. [hen]

Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00