Ratusan Pelajar Jateng Dan DIY Ikuti Kompetisi Opus Nusantara

Lifestyle  MINGGU, 28 APRIL 2019 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD DAFI

Ratusan Pelajar Jateng Dan DIY Ikuti Kompetisi Opus Nusantara
RMOLJateng. Opus Nusantara bersama Kawai Indonesia untuk kelima kalinya kembali menggelar Kompetensi Piano Pelajar 2019.  Kompetisi memuat dua kategori yaitu lagu bebas dan pilihan dengan enam kelas.

Kategori tersebut mulai dari  kelas A untuk kelas 1-2, kelas B untuk kelas 3-4, kelas C untuk kelas 5-6, kelas D untuk kelas 7-8, kelas E  untuk kelas 9-10 dan kelas F untuk kelas 11-12 , berlangsung di Hotel Aston Inn Kota Semarang, Sabtu - Minggu (27-28/04/2019)

Lomba  ini diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai daerah di DIY dan Jawa Tengah seperti, Salataiga, Semarang, Klaten, Rembang, Wonosari, Karanganyar, Sagen dan lain sebagainya.

Ketua Penyelenggara acara Elenora Aprilia mengungkapkan kompetisi piano pelajar 2019 ini merupakan kali ketiga dilaksanakan di Kota Semarang.

"Puji Syukur kami sangat berbangga, kompetisi ini di terima dengan baik dikalangan para pianis muda, dari tahun ketahun jumlah pianis muda yang mengikuti kompetensi ini terus bertambah," katanya.

Dikatakannya lagi, antusiasme dari para pianis muda, orang tua dan pengamat musik khususnya dari instrumen piano ini membuktikan, musik piano semakin digemari oleh kalangan muda di Indonesia.

"Besarnya antusiasme pada musik piano jugalah yang membuat kami menyelenggarakan kompetisi ini, untuk dijadikan barometer atau tolak ukur kemampuan di kalangan para pianis muda," imbuhnya.

Elonora melanjutkan kompetisi ini berawal dari cita citanya  untuk membina, mengembangkan dan untuk memberikan ruang bagi pianis muda Indonesia untuk menunjukan kepiawaiannya dalah memaikan tuts tuts piano.

Dalam kompetisi ini dihadirkan tiga juri yang sangat berkompeten di bidang musik instrumen piano.

Pertama Mario Santoso, asisten profesor musik (bidang piano) Universitas Pelita Harapan (UPH) yang seringkali tampil sebagai solois di Amerika Serita, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Kedua Ruth Wibisono jebolan Utrechts Conservatorium yang kini menjabat sebagai staff pengajar ahli di Konsevatorium Musik Jakarta. Terakhir, Stefina P Wibisono, dosen piani Universitas Pelita Harapan Conservatory of Music.

Untuk diketahui, kompetisi piano pelajar tahun ini juga di selenggarakan di lima area di Indonesia.

"Area pertama yaitu area Jawa Tengah dan DIY yang dipusatkan di Kota Semarang, area kedua Jawa Timur dan Bali yang dipusatkan di Surabaya. Selanjutnya area ketiga Jawa Barat dan DKI di pusatkan di Bandung, untuk area empat yaitu Sumatra dan Kepulauan Riaun dipusatkan di Pekanbaru. Terakhir area lima yang meliputi wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur yang dipusatkan di Makassar," tandasnya. [jie]







Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pembagian Ayam Gratis

Pembagian Ayam Gratis

RABU, 26 JUNI 2019 , 11:21:00

Atraksi HUT Bhayangkara ke-73 di Semarang

Atraksi HUT Bhayangkara ke-73 di Semarang

RABU, 10 JULI 2019 , 13:25:00

Semarang Night Carnival 2019

Semarang Night Carnival 2019

RABU, 03 JULI 2019 , 20:26:00