Pemilu Indonesia Dicurangi, Kelompok Ini Surati Trump Dan Mahatihr

Dunia  KAMIS, 25 APRIL 2019 , 20:56:00 WIB | OLEH: RMOL NETWORK

Pemilu Indonesia Dicurangi, Kelompok Ini Surati Trump Dan Mahatihr

Mahathir Mohamad/Net

RMOLJateng. Kelompok pakar demokrasi Indonesia yang tergabung dalam Pengembangan Basis Sosial Inisiatif dan Swadaya (‘nBASIS) serta Istiqomah Mulya Foundation (IMF) meminta sejumlah pemimpin dunia untuk turun tangan menyelamatkan demokrasi indonesia yang tengah dirusak oleh kecurangan Pemilu.

Melalui surat terbuka yang ditujukan kepada sejumlah pemimpin dunia seperti  Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, kelompok ini meminta pemimpin dunia membantu menyelamatkan pesta demokrasi Indonesia yang diwarnai banyak kecurangan.

"Pemilu Indonesia tahun 2019 berakhir dengan kedua kandidat menyatakan kemenangan. Ini terjadi karena penipuan yang meluas sebelum, selama, dan setelah hari pemilihan pada 17 April 2019," begitu bunyi surat terbuka itu seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (25/4).

"Penipuan ini sangat berbahaya bagi demokrasi di Indonesia dan dunia, karena dikhawatirkan bahwa legitimasi pemimpin masa depan Indonesia tidak akan didasarkan pada hasil pemilihan yang valid," sebut surat itu.

Mereka mendesak agar Presiden Donald Trump tidak tinggal diam melihat hal tersebut.

"Seorang pemimpin dunia yang berpengaruh seperti Anda tentu tidak bisa duduk diam saat demokrasi sedang dirusak," tambahnya.

"Kekhawatiran Anda dalam mengurangi bahaya ini akan memastikan tidak hanya Amerika Serikat menjadi hebat kembali, tetapi juga Indonesia dan seluruh dunia," tutup surat tersebut.

Sementara kepada PM Mahatir, kelompok ini mendesak agar tidak tinggal diam melihat demokrasi negara tetangganya dirusak.

"Sebagai negarawan paling senior di Asia Tenggara dan dunia, seorang pemimpin seperti Anda tentu tidak bisa duduk diam sementara demokrasi dirusak di negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, yang juga tetangga terdekat Malaysia," sambung surat tersebut.

"Kekhawatiran Anda dalam mengurangi bahaya ini, terutama dengan pengalaman Anda dalam pemilihan Malaysia terakhir, akan membantu menstabilkan wilayah ini dan menciptakan landasan untuk masa depan yang makmur," sebutnya. []

Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00