21 TPS Di Jateng Direkomendasikan Bawaslu Coblos Ulang

Politik  MINGGU, 21 APRIL 2019 , 14:20:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

21 TPS Di Jateng Direkomendasikan Bawaslu Coblos Ulang
RMOLJateng. Sebanyak 21 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah direkomendasikan untuk menggelar pencoblosan ulang atau Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Tiga TPS diantaranya telah menggelar pencoblosan ulang, sementara lainnya masih dalam pembahasan KPU untuk teknis pelaksanaannya.

"Untuk PSU yang tiga sudah dilaksanakan Sabtu 20 April. Satu TPS di Jepara dan dua TPS di Tegal," tegas Komisioner KPU Jateng, Ikhwanudin, Minggu (21/4) kepada RMOL Jateng.

Ikhwanudin menjelaskan, penyebab dilaksanakan PSU karena terdapat pemilih yang menggunakan hak suara tanpa disertai dokumen sah, baik berupa C1, KTP, A5 maupun lainnya.

"Pemilih yang menggunakan hak pilihnya tidak sesuai dengan alamat KTP-nya. Kalau yang masuk daftar pemilih khusus (DPK) penggunaan hak pilihnya kan harus sesuai dengan alamat KTP," jelasnya.

Dia mencontohkan, di Kota Semarang ada orang di luar Kota Semarang dan tidak membawa surat pindah, tapi hanya menggunakan KTP saja.

"Kan itu tidak sesuai dengan alamatnya, TPS nya di mana juga harus sesuai KTP," ungkapnya.

TPS di Jateng yang melakukan coblos ulang meliputi di Kabupaten Jepara, Tegal, Boyolali, Magelang, Brebes, Kendal, Pemalang, Blora serta Kota Magelang dan Semarang. [hen]




Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00