Ribuan Peziarah Padati Makam RA Kartini Di Rembang

Daerah  MINGGU, 21 APRIL 2019 , 12:54:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Ribuan Peziarah Padati Makam RA Kartini Di Rembang
RMOLJateng. Puncak peringatan hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Minggu (21/4), makam RA Kartini di Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang dipadati ribuan peziarah.

Tidak hanya peziarah dari dalam kota Rambang, mereka juga datang dari luar kota Rembang. Para peziarah yang datang kebanyakan bersama rombongan. Selain kelompok ibu-ibu pengajian. Para peziarah juga pelajar-pelajar wanita dari sejumlah sekolah.

Istiqomah, salah satu peziarah dari Jogjakarta mengaku datang ke makam RA Kartini untuk memperingati kelahiran RA kartuni. Ia yang baru pertama kali datang ke makam RA Kartini, merasa terharu dengan perjuangan pahlawan emansipasi wanita itu.

"Saya haru sekali mas, baru pertama kali datang kesini. Rasanya pengen seperti RA Kartini, berjuang untuk bangsa," ucap Istiqomah yang datang bersama teman-temannya.

Istiqomah mengaku akan berdoa di makam RA Kartini bersama rombongannya.
"Tadi habis dari masjid Demak, trus kesini. Kan bertepatan dengan hari Kartini. Saya ingin berdoa di makam RA Kartini untuk mengenang jasa-jasanya," lanjutnya.

Senada dengan Istiqomah, Dahlia, peziarah asal Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang ini hampir tiap tahun datang ke makam RA Kartini untuk berziarah.

"Ini datang bersama rombongan pengajian desa. Setiap tahun selalu kesini untuk berdoa di makam RA Kartini," kata Dahlia.

Pada peringatan hari Kartini ini, jumlah pengunjung di makam diperkirakan meningkat hampir 10 kali lipat dibanding hari biasanya. Peningkatan jumlah pengunjung ini hampir terjadi setiap tahun pada peringatan hari RA Kartini. [hen]

Komentar Pembaca
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00