RTRW Tidak Kunjung Selesai, Pengembang Jateng Galau

Ekonomi  SENIN, 15 APRIL 2019 , 16:36:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD DAFI

RTRW Tidak Kunjung Selesai, Pengembang Jateng Galau
RMOLJateng. Rencana tata ruang wilayah (RTRW) di Provinsi Jawa Tengah tidak kunjung selesai, membuat pengembang perumahan yang ada di Jateng galau.

Wakil Ketua Bidang Pertanahan dan Tata Ruang DPD REI Jateng, Djoko Santoso mengatakan, belum diselesaikan Perda RTRW tersebut jelas menghambat pembangunan dan investasi yang sangat diperlukan untuk pengembangan wilayah.

"Padahal RTRW diperlukan untuk pemetaan pembangunan perumahan agar tidak melanggar izin," jelasnya, Senin (15/04).

Adapun dari 35 kabupaten/ kota di Jateng, kata dia baru 2 wilayah yang sudah mendapati kejelasan RTRW, sedangkan 14 wilayah lain masih dalam tahap revisi dan peninjauan RTRW, 14 sudah masuk di kementerian dan 5 masuk tahapan berikutnya.

Pengembang sekarang yang menjadi masalah adalah rencana tata ruang di kabupaten/kota belum tuntas. Hanya dua yang sudah tuntas, jadi 35 Kabupaten/Kota, dua yang sudah tuntas dan 33 belum selesai,” paparnya.

Dia mengatakan, pemerintah mestinya segera menyelesaikan Perda RTRW tersebut karena ada program 1,500 juta rumah yang digagas pemerintah.

Disebutnya, ketika Perda RTRW tersebut telah disahkan pengembang akan mengetahui kawasan-kawasan yang bisa dibangun perumahan.

Masyarakat perlu rumah, kita perlu suplay rumah, perlu investasi bekaitan pengembang kabupten/kota jadinya harus segera diselesaikan,” ucapnya. [hen]

Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00