Hendi Janji Jadikan Makam K.A. Pandanaran JadiDestinasi Wisata Religi

Pariwisata  MINGGU, 07 APRIL 2019 , 22:46:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Hendi Janji Jadikan Makam K.A. Pandanaran JadiDestinasi Wisata Religi
RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan kembali janji Pemkot Semarang untuk membangun Kompleks Makam Ki Ageng Pandanaran, Kawasan Mugas menjadi destinasi wisata religi sekelas makam-makam para sesepuh dan kiai di nusantara ini.   

Seperti diketahui, Ki Ageng Pandanaran merupakan putra dari Pangeran Kasultanan Demak, yaitu Pangeran Sabrang Lor, yang menurut versi sejarah waktu itu setelah menjadi Bupati pertama di Kota Semarang, beliau menekuni spiritualitas.

"Saat beliau mendirikan Kota Semarang 472 tahun lalu, pasti beda dengan Kota Semarang saat ini, atas jasa beliau, kita bisa tinggal di Kota yang kita cintai yaitu Kota Semarang. Saya setahun yang lalu masih ingat punya PR ke Mas Aris dan pengelola Yayasan, bagaimana kita pingin mewujudkan Makam Ki Ageng Pandanaran ini sama seperti makam-makam Kiai Besar yang  ada di nusantara ini," ungkap Hendi di Masjid Pandanaran, Kompleks Makam Ki Ageng Pandaran, Kawasan Mugas, Kota Semarang.

Hendi yang berziarah bersama Muspida Kota Semarang dalam rangkaian HUT Kota semarang ke-472 tahun itu berkeinginan, makam Ki Ageng Pandanaran sama seperti makam sunan, sesepuh dan kiai khos lainya, banyak didatangi wisatawan religi, sehingga meningkatkan sektor pariwisata Kota Semarang.

"Mereka kemudian mendoakan leluhur kita, mereka juga menghabiskan uang dengan berbelanja di sekitar, termasuk makan, minum dan seterusnya dan selain daripada kita napak tilas leluhur kita, yang tidak kalah penting sektor pariwisata akan semakin meningkat," harapnya.

Hendi langsung meminta kepada Sekda Kota Semarang Agus Riyanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Iswar Aminudin dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang Bunyamin untuk merealisasikan target dan keinginan itu.

"Jadi, ini PR sudah setahun, Pak Sekda, Pak Iswar, malam ini saya tambahi lagi, Pak Sekda, Pak Iswar dan Pak Bunyamin selaku Kepala Bapeda. Pak Bunyamin nggak boleh endho kusumo, bahwa ini adalah target Pemkot Semarang, siapapun nanti, syukur-syukur saya sama Mbak Ita masih jadi Wali Kota dan Wakil," ucapnya. 

Sementara itu, Takmir Masjid Pandanaran yaitu Agus Pandanaran mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya.

"Saya sangat bangga karena dengan adanya rencana dibangunnya kembali Kawasan Makam Ki Ageng Pandanaran menjadi salah satu destinasi wisata religius. Selain bisa meningkatkan pendapatan sektor di pariwisata yang terpenting, akan meningkatnya kegiatan spiritualitas serta keagamaan di lingkungan makam leluhur kami," pungkas Agus Pandanaran. [jie]






Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Membersihkan Kilang Tangki Terminal LPG

Membersihkan Kilang Tangki Terminal LPG

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 11:40:00

Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Hari Peduli Sampah Nasional 2019

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 10:59:00

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 10:51:00