Bawaslu Sukoharjo Lantik 2402 Pengawas TPS

Politik  SENIN, 25 MARET 2019 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Bawaslu Sukoharjo Lantik 2402 Pengawas TPS
RMOLJateng. Sebanyak 2402 pengawas Tempat pemungutan Suara (TPS) resmi dilantik oleh Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, serentak di 12 kecamatan se Sukoharjo, Senin (25/3).
 
Pengawas TPS merupakan garda terdepan pengawasan pemilu, utamanya dalam tahapan persiapan pemungutan suara, tahap pemungutan suara dan tahap penghitungan suara. Setelah dilantik langsung mendapatkan pembekalan, termasuk tata cara pengunaan sistem pengawasan SIWASLU,” kata Muladi Wibowo, Divisi Hukum data dan informasi, Bawaslu Sukoharjo.
 
 
Ditambah Muladi, salah satu peran penting pengawas TPS adalah untuk mendokumentasikan C1 Plano hasil penghitungan suara. Selamjutnya akan dilaporkan langsung ke Bawaslu RI melalui aplikasi SIWASLU yang dapat di unduh di google play store. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu di TPS ada update laporan pengawasan dan pencegahan.
 
Melalui laporan dan data dokumentasi tersebut diharapkan kecurangan pemilu dapat diminimalisir. Termasuk apabila terjadi perubahan data dalam proses pemilu, akan dapat dilakukan dengan membandingan data awal hasil pengawasan PTPS tersebut.
 
Komisiomer Bawaslu Eko Budiono,saat melantik PTPS Kecamatan Baki, PTPS juga mempunyai peran penting hal terjadi sesuatu yang tidak sesuai rencana atau aturan (PKPU) atau potensi pelanggaran dalam kegiatan pungut hitung.

PTPS punya kewenangan memberikan saran perbaikan kepada KPPS sehingga kegiatan pungut hitung bisa berlangsung dengan baik.
 
 
PTS juga berperan dalam melakukan penelitian dan kajian awal proses di TPS apabila karena satu sebab di TPS tersebut harus terjadi PSU (Pemungutan Suara Ulang),” kata Eko. [hen]

Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00