Digandeng Kementerian KUMKM, Bank Jateng Siap Salurkan Kredit Mikro Kecil Menengah

Ekonomi  SENIN, 25 MARET 2019 , 16:43:00 WIB | LAPORAN: ADITYA ILYAS SAPUTRA

Digandeng Kementerian KUMKM, Bank Jateng Siap Salurkan Kredit Mikro Kecil Menengah
RMOLJateng. Bank Jateng telah melakukan Penandatanganan Kerjasama Penyaluran Dana LPDB Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah baru-baru ini di Kantor Pusat Bank Jateng.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dan seluruh Jajaran Direksi atas kepercayaan yang selama ini diberikan kepada Bank Jateng untuk dapat menyalurkan Dana LPDB yang nilainya cukup berarti bagi Perusahaan.
Kepercayaan dari LPDB KUMKM untuk menyalurkan pembiayaan Kepada Koperasi dan sektor usaha mikro kecil dan menengah bukan hal yang baru bagi Bank Jateng. Sejak tahun 2016 telah  disalurkan dana kredit sebesar Rp.187.440.000.000,- (Seratus delapan puluh tujuh milyar empat ratus empat puluh juta rupiah).


Pada Tahun 2019, Kerjasama penyaluran dana LPDB ini terus berlanjut dengan penyaluran pembiayaan dana bergulir dengan total dana yang dipercayakan kepada Bank Jateng sebesar Rp.400.000.000.000, - (Empat ratus milyar rupiah) yang disalurkan melalui 2 (dua) skema yaitu skema konvensional dan skema syariah dengan porsi masing-masing Rp. 200.000.000.000,- (Dua ratus Milyar rupiah) untuk Konvensional dan Rp. 200.000.000.000 (Dua ratus milyar rupiah) untuk syariah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM RI Braman  Setyo mengungkapkan nominal penyaluran dana bergulir kepada Bank Jateng merupakan jumlah yang terbesar diantara bank BPD.

Artinya,  kepercayaan LPDB kepada Bank Jateng selama ini melebihi BPD yang lainnya. Faktor Performance Bank Jateng yang bagus diantara Bank BPD juga menjadi dasar utama sebagai pertimbangan LPDB untuk memberikan kepercayaan lebih dalam hal penyaluran dana bergulir.
Pemberian Kredit/Pembiayaan dengan dana LPDB ini akan memberikan angin segar pada dunia usaha Mikro, Kecil dan menengah yang ada di Jawa Tengah. Para Pengusaha UMKM dapat memperoleh pembiayaan dengan bunga/bagi hasil yang tidak terlalu memberatkan.
Menurut Supriyatno Potensi usaha mikro kecil dan menengah di Jawa Tengah saat ini cukup besar. Di antara para pengusah tersebut ada yang sudah bankable dan ada yang belum dapat mengakses layanan perbankan.

Dengan adanya dana bergulir ini diharapkan pengusaha Mikro Kecil dan menengah dapat mengakses permodalan, dimana bagi UMKM yang sudah bankable dapat langsung mengajukan permodalan melalui bank, sedangkan yang belum dapat mengakses permodalan melalui perbankan dapat mengajukan kredit/pembiayaan melaui koperasi yang telah mendapatkan dana LPDB dari Bank.
Kami Bank Jateng berkeyakinan dan optimis dapat menyalurkan dana LPDB ini dengan maksimal sebagaimana batas waktu yang diberikan oleh LPDB KUMKM yang pada akhirnya dapat turut mendorong perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di Jawa Tengah, tambah Supriyatno.[adv]



Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00