9.000 Lembar Surat Suara DPR RI Di Kabupaten Semarang Rusak

Politik  SENIN, 18 MARET 2019 , 18:56:00 WIB | LAPORAN: PRAMUDO WICAKSONO

9.000 Lembar Surat Suara DPR RI Di Kabupaten Semarang Rusak
RMOLJateng. KPU Kabupaten Semarang temukan lebih dari 9.000 lembar surat suara DPR RI untuk Pemilu 2019 yang rusak.

Hal ini diketahui setelah proses sortir dan lipat. Usai di pisahkan surat suara rusak tersebut rencananya dimintakan ganti ke KPU RI.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi mengatakan, surat suara DPR RI Pemilu 2019 yang dinilai rusak dan telah dipisahkan. Surat suara terdapat bercak tinta pada nama calon legislatif dan bercak tinta di kolom partai politik.

Jangan sampai bercak tinta itu lolos sampai TPS, nanti dikira KPPS yang menandai, jadikita harus sortir, sudah dipisahkan karena itu menjadi bagian surat suara yang rusak,” ujarnya, Senin (18/3).


Maskup menambahkan, setelah diketahui adanya jumlah surat suara yang rusak, KPU Kabupaten Semarang rencananya membuat berita acara berisi laporan yang ditujukan kepada KPU RI. Surat yang sama akan diberikan pula ke KPU Provinsi Jawa Tengah sebagai tembusan.

Surat suara pengganti sedang kita mintakan, juga sekaligus apabila ada kekurangan surat suara yang sama kita mintakan juga,” Imbuhnya.

Sedangkan, surat suara yang masih belum datang Maskup mengaku belum mendapat kepastian. Diantaranya surat suara Pemilu Presiden, DPD dan DPRD Kabupaten.

"Hingga saat ini kami masih menunggu droping surat suara dari KPU RI, khususnya surat suara yang belum terkirim, kami selalu koordinasi dengan percetakan yang telah ditunjuk," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00