Terlibat Kampanye, Empat Perangkat Desa Kena Peringatan Keras Bawaslu Sukoharjo

Politik  RABU, 13 MARET 2019 , 18:06:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Terlibat Kampanye, Empat Perangkat Desa Kena Peringatan Keras Bawaslu Sukoharjo
RMOLJateng. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo memberikan surat peringatan keras pada empat perangkat desa yang terbukti melakukan aksi kampanye selama kurun waktu sebulan.

Empat perangkat desa tersebut dari Desa Mranggen Polokarto, Desa Karakan Weru, Desa Dalangan Tawangsari dan Desa Mertan Bendosari.

"Perangkat desa dilarang berpolitik maupun terlibat langsung dalam kegiatan partai politik. Sampai saat ini sudah ada tiga perangkat desa yang kita beri surat peringatan keras, dan satu perangkat yang siap kira kirimi SP," kata Komisioner Divisi Data Hukum dan Informasi Bawaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo, Rabu (13/3).

Dia melanjutkan, peringatan keras diberikan kepada salah satu Perangkat Desa Karakan, Kecamatan Weru, Gunadi, ia terbukti melanggar netralitas lantaran memengaruhi dan mengajak masyarakat agar memilih salah satu calon anggota legislatif (caleg).

Diketahui Gunadi telah menghadiri kegiatan kampanye oleh salah satu caleg di daerah Kecamatan Weru pada bulan Februari lalu. Saat menghadiri tersebut Gunadi mengajak warga yang hadir untuk memilih salah satu caleg pada Pemilihan Legislatif 17 April 2019 mendatang.


Sebelum hal tersebut dilaporkan ke Bawaslu Sukoharjo, anggota Panwascam Weru telah terlebih dahulu meminta keterangan dari sejumlah sanksi, termasuk klarifikasi kepada Gunadi. Hasilnya Gunadi melakukan pelanggaran netralitas perangkat desa. [hen]

Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

FPI: Ada Pihak Ketiga Yang Ingin Mengadu Domba
Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00