Satu Warga Belanda Terdaftar Di DPT Sragen

Politik  RABU, 13 MARET 2019 , 14:30:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Satu  Warga Belanda Terdaftar Di DPT Sragen
RMOLJateng. Satu warga Belanda yang bernama Fransiscus Maria Kompenie masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum tahun 2019 dan tercatat sebagai pemilih di TPS 7 Karangtengah, Sragen.

Keterangan dari Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budhi Prasetyo, Fransiscus Maria Kompenie diketahui memiliki KTP beralamat di  di Sarirejo RT 13, Karangtengah, Kecamatan Sragen. Bahkan dirinya sudah lama menikah dengan warga Karangtengah Sragen.

"Terdaftarnya Kompenie yang masuk dalam DPT Pemilu dI Sragen berdasarkan informasi dari Provinsi," jelasnya Rabu (13/3) siang.

Di wilayah Sragen sebenarnya tercat ada 4 orang warga negara asing (WNA). Namun hanya Kompanie saja yang terdaftar dalam DPT. Bahkan dirinya juga diketahui telah memiliki E-KTP Sragen (hanya untuk ijin tinggal) karena bolak-balik Sragen -Belanda maka  E-KTPnya warna kuning.

Disampaikan juga bahwa Kompenie belum pindah kependudukan dari Belanda ke Indonesia. Karena WNA maka dirinya tidak memiliki hak pilih.  Berdasarkan hasil temuan tersebut pihaknya sudah mengirimkan surat rekomendasi dan berkoordinasi dengan KPU.

"Tujuannya agar segera dilakukan pencoretan dari DPT. Kemudian tidak diberi formulir pemberitahuan mencoblos atau C6 dan tidak diberikan hak mencoblos," paparnya.

Terkait lolosnya WNA masuk dalam DPT, bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya DPT yang digunakan berdasarkan hasil coklit Pilgub 2018 dan petugas coklit dimungkinkan tidak mendatangi yang bersangkutan secara langsung.

"Atau mungkin kesalahan dalam proses input data bahwa yang bersangkutan adalah WNA dan dimasukkan dalam DPS dan DPT. Dan hal ini juga sudah ditindaklanjuti oleh KPU Sragen," pungkasnya. [jie]








Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

FPI: Ada Pihak Ketiga Yang Ingin Mengadu Domba
Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00