Goweser Trans Jawa Lintasi Jateng, Ganjar Pamer Bumdes Kendal

Pariwisata  RABU, 06 MARET 2019 , 13:53:00 WIB | LAPORAN: BAKTI BUWONO

Goweser Trans Jawa Lintasi Jateng, Ganjar Pamer Bumdes Kendal
RMOLJateng. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memamerkan BUMDes Langgeng Sari Jaya Desa Karangayu Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal pada rombongan sepeda Jelajah Tour Trans Jawa, Rabu (6/3).

"Kita melihat hasil pembangunannya, memang dana desa lebih banyak untuk infrastruktur. Ini BUMDes sudah berjalan dan menarik. BUMDes Langgeng Sari Jaya. Dia punya tiga unit usaha, dan yang menarik ada unit usaha sekolah sepakbola (SSB) SSB Cakra Muda. Jadi ini menarik," lanjut Ganjar saat mengantar rombongan ke lokasi.

Selain SSB, BUMDes tersebut juga mengelola sampah keluarga dan mengelola pasar.

"Terus ada unit usaha pengelolaan sampah keluarga ini yang kita dorong sampah tidak dibuang tapi dikelola. Terus ada unit usaha pengelolaan pasar dan sudah membangun tiga skema sewa, jangka pendek, menengah dan panjang dengan tarif yang berbeda. Mudah-mudahan kreativitas ini jadi contoh inovasi pengelolaan dana desa di Jawa Tengah," katanya.
 
Jelajah Tour Trans Jawa ini bertolak dari Surabaya pada tanggal 4 Maret. Selama lima hari mereka menempuh jarak 900 km dan dijadwalkan finish di Istana Negara Jakarta pada 8 Maret.

Dari Semarang mereka akan mengayuh jarak sekitar 258 km sampai Cirebon dan singgah sebentar di kabupaten Kendal.

Selain melalui ruas utama, para goweser juga menyusup ke desa-desa melihat pembangunan dari pemanfaatan dana desa, salah satunya BUMDes Langgeng Sari Jaya, Desa Karangayu Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.

Salah satu peserta, Fahriansjah, goweser dari Makassar mengatakan, pesona infrastruktur dan pedesaan memang membuat wajah seluruh wilayah di Indonesia semakin cantik.

"Kemarin ketika menjelajahi Jawa Timur, betapa bagusnya infrastruktur yang telah dikerjakan. Selain itu, pembangunan di desa-desa juga semakin gencar," katanya. [hen]


Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

FPI: Ada Pihak Ketiga Yang Ingin Mengadu Domba
Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00