Kirab Kebangsaan Peringati Haul Gus Dur

Budaya  SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 19:37:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Kirab Kebangsaan Peringati Haul Gus Dur
RMOLJateng. Kirab kebangsaan menjadi salah satu kegiatan penting dalam Haul ke-9 KH Abdurrahman Wahid (Haul ke-9 Gus Dur) yang digelar di kota di Solo. Kirab bertema 'Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia' ini  digelar pada Sabtu (23/2) siang hingga sore hari.

Meski hujan sempat turun namun tidak menyurutkan semangat peserta kirab yang jumlahnya mencapai ribuan peserta. Kirab juga diwarnai pertunjukkan seni Reog, batik karnival juga wayang.

Para peserta kirab juga beragam, mulai dari  kaum Nahdliyin dan Gusdurian tetapi juga masyarakat umum dari 64 kelurahan di Solo, organisasi masyarakat (ormas), lintas agama hingga budayawan, juga warga keturunan Tionghoa.

Salah satunya adalah Sumartono Hadinoto, salah tokoh Tionghoa yang disegani di kota Solo. Dirinya sampaikan sejumlah warga etnis Tionghoa juga tampak hadir mengikuti kirab.

"Kita sangat berharap nilai-nilai kebhinekaan dan kemajemukan yang disampaikan Gus Dur terus dijaga siapapaun pemimpinnya," jelas Sumartono Hadinoto, Sabtu (23/2).

Kirab Haul Gus Dur ini mengambil start di Stadion Manahan Solo dan finish di Stadion R Maladi Sriwedari. Sementara itu peserta kirab dilepas langsung Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan putri kedua KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid.

Dalam sambutannya Yenny Wahid mengaku sangat terharu, melihat ribuan orang dari berbagai elemen yang memeriahkan Haul ke-9 Gus Dur di Solo. Dimana berbagai elemen masyarakat semua membaur dalam acara kirab. 

"Rasanya terharu saya melihatnya, dan saya sangat mengapresiasinya," ungkap Yenny. [jie]








Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

FPI: Ada Pihak Ketiga Yang Ingin Mengadu Domba
Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00