Nasib 14 Anak Diduga Terinveksi HIV/AIDS Ditampung Yayasan Lentera

Kesehatan  KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 19:48:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Nasib 14 Anak Diduga Terinveksi HIV/AIDS  Ditampung Yayasan Lentera
RMOLJateng. Nasib 14 siswa sekolah dasar yang diduga terkena HIV/AIDS  dan ditolak bersekolah oleh sejumlah orangtua murid saat ini mereka ditampung oleh Yayasan Lentera. Yakni sebuah rumah singgah di Komplek Makam Taman Pahlawan Kusuma Bakti, Solo.

Pimpinan Yayasan Lentera, Yunus Prasetyo sampaikan sudah lebih dari seminggu mereka tidak lagi bersekolah. Pasalnya orang tua siswa lainnya sudah membuat surat pernyataan keberatan yang meminta mereka dipindahkan.

Hal yang membuat terenyuh, mereka tidak diperbolehkan untuk datang ke sekolah apalagi masuk ke kelas oleh sebagian besar wali murid dan orangtua siswa lainnya. Alasan penolakan mereka seperti umumnya yakni ada  kekhawatiran anak-anak lain di sekolah tersebut tertular HIV dari siswa pengidap HIV/AIDS.

"Sudah satu minggu ini, 14 anak kami yang bersekolah di SD terpaksa libur," jelas Yunus, Kamis (14/2) sore.

Disampaikan Yunus, pihaknya tentu saja merasa keberatan. Bukan hanya dirinya dan juga pengurus yayasan yang lain. Anak-anak juga merasa keberatan harus keluar dari tempat mereka menuntut ilmu.

Terlebih lagi, lanjut Yunus kejadian serupa bukan hanya terjadi kali ini namun sudah seringkali terjadi. Ini bukan pertama kalinya anak terkena HIV/AIDS ditolak bersekolah di sekolah formal oleh orang tua siswa lain. Saat di PAUD juga TK juga mengalami hal yang sama.

"Mereka (anak-anak) juga sedih dan  keberatan harus keluar dari sekolah," papar Yunus.

Untuk mengantisipasi selama mereka belum bisa masuk ke sekolah, pihaknya memutuskan untuk mencari dukungan dan bantuan pada para relawan untuk memberikan bantuan pendidikan selama anak-anak belum mendapatkan sekolah.

"Kami ingin mereka mendapatkan pendidikan di sekolah formal, bukan di sekolah khusus. Mereka jauh lebih bersemangat. Bukannya guru yang datang untuk mengajar di tempat kami," pungkasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00