Sampah Di Blora Naik 2 Persen Tiap Tahun

Nusantara  KAMIS, 17 JANUARI 2019 , 12:45:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Sampah Di Blora Naik 2 Persen Tiap Tahun
RMOLJateng. Produksi sampah di Kabupaten Blora, saat ini telah mencapai 128 ribu ton. Tiap tahun peningkatannya mencapai 2 persen.

Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, DLH Kabupaten Blora,  Didik Triarso mengatakan, peningkatan produksi sampah disebabkan dua faktor yakni, adanya pertumbuhan penduduk dan tingkat sosial ekonomi masyarakat.

"Jadi peningkatan sampah menyesuaikan pertumbuhan penduduk. Di Blora tiap tahun ada kenaikan jumlah sampah sebesar 2 persen," kata Didik saat ditemui di TPA Temurejo, Blora, Kamis (17/1).

Dalam sehari, jumlah sampah yang masuk ke TPA mencapai 56 kontainer. Menurutnya, jumlah tersebut hampir setara dengan 20 ton. Sampah-sampah tersebut diangkut dari 8 kecamatan di kabupaten Blora. Padahal Blora terdiri dari 16 kecamatan.

"Memang kita baru bisa mengkover 8 kecamatan. Karena memang SDM dan lokasinya jauh. Harapan kita kedepannya tiap kecamatan nanti ada TPA sendiri," ungkapnya.

Didik sendiri mengakui, kendala sumber daya manusia (SDM) dan armada menjadi sampah-sampah di Blora belum terkelola dengan baik.

"Bayangkan kita saat ini hanya punya 2 dump truk dan 3 unit Amrol ( sejenis bak sampah), padahal Blora wilayahnya cukup luas. Tahun ini kita akan coba ajukan penambangan armada, semoga diterimanya," paparnya. [jie]





Komentar Pembaca
Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 17:52:00