Anggota DPR Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum Sekolah

Pemerintahan  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 18:52:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Anggota DPR Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum Sekolah
RMOLJateng. Anggota DPR RI Abdul Wachid mendorong agar pencak silat bisa masuk kurikulum sekolah. Alasannya beladiri warisan leluhur ini multi manfaat sehingga wajib dipelajari oleh pelajar generasi masa depan bangsa.

Hal ini disampaikan Abdul Wachid saat pembukaan Kejuaraan Pencak Silat SMI Cup Jepara Ke-VI Antar Pelajar Tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat yang digelar Sabtu-Minggu (12-13/1) di Gedung Wanita, Jepara. Abdul Wachid merupakan Pembina Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPS SMI) Kabupaten Jepara.

"Saya akan dorong agar masuk kurikulum. Setidaknya jadi ekstra kurikuler wajib yang diikuti siswa," kata anggota DPR asal Jepara ini, Sabtu (12/1).

Kejuaraan Pencak Silat SMI Cup Jepara Ke-VI yang memperebutkan Piala Juara Umum H Abdul Wachid ini diikuti 352 peserta kategori pelajar yang ada di Kota Ukir. Mereka berasal dari berbagai sekolah baik negeri maupun swasta di Jepara.

Selama ini, kata Abdul Wachid, pencak silat sudah menunjukkan prestasi membanggakan. Terakhir saat ajang Sea Games, pencak silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak sehingga Indonesia mampu berprestasi dalam ajang bergengsi tersebut.

Tak hanya itu, pencak silat juga bagus untuk pembentukan karakter generasi muda. Oleh karena itu menurutnya wajar jika seni beladiri warisan leluhur ini dijadikan pelajaran wajib bagi para pelajar.

"Ini bisa jadi wadah positif untuk generasi muda kita. Salah satu penangkal dampak buruk globalisasi lewat pencak silat ini. Kalau negara lain punya karate, kungfu atau beladiri lain maka Indonesia pencak silat. Makanya harus kita rawat budaya bangsa ini," jelas politisi Gerindra ini.

Selama ini, kata Abdul Wachid atlet asal Jepara sudah banyak yang berprestasi dalam berbagai cabang olahraga. Pihaknya optimis dengan pembinaan sejak dini maka pencak silat juga akan mampu mengharumkan nama Jepara di berbagai ajang kejuaraan, baik level nasional bahkan internasional.
"Kuncinya jaga kebersamaan dan persaudaraan baik sesama perguruan maupun antar perguruan silat," tukasnya.

Wachid menegaskan pihaknya siap membantu pengurus SMI maupun IPSI Kabupaten Jepara. Bahkan tak hanya level Jepara, namun juga tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Saya punya banyak jaringan yang bisa dimaksimalkan untuk kemajuan pencak silat. Karena ini sifatnya positif maka saya komitmen membantu," tandasnya. [hen]



Komentar Pembaca
Pendukung OSO Demo KPU

Pendukung OSO Demo KPU

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 15:00:00

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 13:00:00

BENANG MERAH (EPS.164): Jokowi Main Bumerang, Prabowo Banyak Nahan
Harimau Bonbin Semarang Terlepas

Harimau Bonbin Semarang Terlepas

RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:34:00

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

SABTU, 24 NOVEMBER 2018 , 15:13:00

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:21:00