Buron Empat Bulan, Pelaku Pencurian Dibekuk

Hukrim  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 06:49:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Buron Empat Bulan, Pelaku Pencurian Dibekuk
RMOLJateng. Tersangka pelaku pencurian AN (24) ) warga Desa Onje RT 4 RW 1 Kecamatan Mrebet, Purbalingga, berhasil dibekuk aparat Polsek Purbalingga dirumahnya.

AN sempat buron selama empat bulan setelah melakukan pencurian di rumah korban Giok Lie (53) warga Jalan Gunung Sumbul, Kelurahan Purbalingga Kulon, Purbalingga pada bulan September 2018.

Aksi pencurian itu dilakukan bersama temannya AGA (25), warga Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga. AGA bernasib sial, ia ditangkap beberapa saat setelah kasus itu dilaporkan korban ke polisi.

Kapolsek Purbalingga AKP Subagyo mengatakan, penangkapan tersangka bermula saat ada informasi bahwa yang bersangkutan pulang ke rumah dari pelariannya.

Setelah dilakukan pengecekan dan dipastikan tersangka berada di rumahnya langsung dilakukan penangkapan,” kata AKP Subagyo, Kamis (10/1) beberapa saat lalu.

Ia melancarkan aksinya bersama AGA, warga Kelurahan Kembaran Kulon, Purbalingga yang sudah diamankan tidak lama setelah beraksi.

Kapolsek menambahkan, dari aksinya pelaku berhasil mengambil sejumlah barang di rumah korban. Barang berharga yang diambil pelaku diantaranya dua telepon genggam Xiomi tipe 5A warna silver dan Vivo Y71 warna rosegold serta uang tunai Rp 4 juta milik korban.

Kedua pelaku dalam melakukan aksinya saling berbagi peran. AGA yang masuk rumah korban dan mengambil barang berharga, sedangkan AN menunggu diluar siap dengan sepeda motornya. Setelah berhasil melakukan aksinya keduanya langsung pulang kerumah masing-masing.

Tersangka AN sudah empat bulan menjadi buronan. Berdasarkan pengakuan, ia melarikan diri ke Bogor setelah mendengar AGA tertangkap,” jelas kapolsek.

Dari tangan tersangka, berhasil diamankan satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih bernomor polisi R 2778 KG yang digunakan untuk melakukan kejahatannya.

Sedangkan telepon genggam sudah dijual. Sementara itu, uang hasil penjualan dan uang tunai milik korban sudah dipakai tersangka untuk berfoya-foya bersama AGA.

Tersangka kami amankan dan dilakukan pemeriksaan untuk pengembangan perkara yang lain. Sementara dari pengakuannya pernah melakukan perbuatan yang sama di wilayah Kalimanah, Padamara dan Kemangkon,” kata kapolsek.

Kapolsek menambahkan, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dan atau membantu kejahatan sebagaimana pasal 56 KUHP. [jie]

 





Komentar Pembaca
Pendukung OSO Demo KPU

Pendukung OSO Demo KPU

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 15:00:00

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 13:00:00

BENANG MERAH (EPS.164): Jokowi Main Bumerang, Prabowo Banyak Nahan
Harimau Bonbin Semarang Terlepas

Harimau Bonbin Semarang Terlepas

RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:34:00

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

SABTU, 24 NOVEMBER 2018 , 15:13:00

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:21:00