Kelompok Militan Taliban Menolak Berdialog Dengan Afghanistan

Dunia  SENIN, 31 DESEMBER 2018 , 07:11:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Kelompok Militan Taliban Menolak Berdialog Dengan Afghanistan
RMOLJateng. Kelompok militan Taliban menolak tawaran pembicaraan yang diusulkan oleh pemerintah Afghanistan bulan depan di Arab Saudi.

Pembicaraan itu diusulkan bersamaan dengan pertemuan Taliban dan pejabat Amerika Serikat yang dijadwalkan.

Sebelumnya, pada bulan ini, perwakikan dari Taliban, Amerika Serikat dan negara-negara kawasan bertemu di Uni Emirat Arab (UEA) untuk memulai pembicaraan dengan tujuan akhir mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan.

Tetapi Taliban pada Minggu (30/12), menolak untuk mengadakan pembicaraan resmi dengan pemerintah Afghanistan dan menegaskan hanya akan bertemu dengan pejabat Amerika Serikat. 

"Kami akan bertemu pejabat Amerika Serikat di Arab Saudi pada Januari tahun depan dan kami akan memulai pembicaraan kami yang tetap tidak lengkap di Abu Dhabi," kata anggota Dewan Kepemimpinan pengambilan keputusan Taliban.

"Namun, kami telah menjelaskan kepada semua pemangku kepentingan bahwa kami tidak akan berbicara dengan pemerintah Afghanistan," sambungnya seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid juga mengatakan para pemimpin kelompok itu tidak akan berbicara dengan pemerintah Afghanistan.

Para militan bersikeras untuk mencapai kesepakatan hanya dengan Amerika Serikat, yang kelompok itu anggap sebagai kekuatan utama di Afghanistan sejak pasukan pimpinan Amerika Serikat menggulingkan pemerintah Taliban pada tahun 2001. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Kapal Panorama Nusantara Terbakar

Foto: Kapal Panorama Nusantara Terbakar

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 16:17:00

Pembukaan Museum OHD Magelang

Pembukaan Museum OHD Magelang

SABTU, 26 JANUARI 2019 , 17:25:00

Hari Peduli Sampah Nasional 2019

Hari Peduli Sampah Nasional 2019

KAMIS, 21 FEBRUARI 2019 , 10:59:00