Ratusan Rider Ikuti Salatiga Downhill Championsip 2018

Olahraga  SABTU, 29 DESEMBER 2018 , 14:55:00 WIB | LAPORAN: PRAMUDO WICAKSONO

Ratusan Rider Ikuti Salatiga Downhill Championsip 2018
RMOLJateng. 150 pesepeda atau rider downhill dari berbagai daerah di Indonesia, ikuti even kejuaraan downhill di penghujung tahun 2018.

Panitia Downhill Championship, Kurniawan Sawor Muhammad, terbagi dalam sembilan kelas, mulai kelas pemula atau junior, master, elit pro, juga kelas hard tail berlangsung di track d'Emmerick Salib Putih Salatiga, Sabtu (29/12).

"Berlokasi di Salatiga karena aksesnya mudah, dan diikuti 150 peserta dari berbagai daerah di Indonesia didominasi peserta dari pulau Jawa," ungkapnya.

Selain sebagai sarana promosi olahraga sepeda downhil bagi masyarakat, kegiatan ini juga untuk mencari bibit bibit baru rider downhill.

"Mencari atlet dan bibit baru terlebih untuk anak muda yang bisa tersalurkan tenaganya secara positif, dibanding hanya menghabiskan waktu dengan gadgetnya," ungkap Sawor.

Downhill sebagai salah satu bentuk olahraga tanpa polusi diharapkan kedepan akan semakin populer. Terlebih downhil dapat melatih kebugaran, fokus, konsentrasi kontrol, terlebih dukungan positif dari pemerintah serta lokasi di Indonesia memiliki track atau lintasan yang mendukung kemajuan olahraga tersebut.

Bahkan beberapa rider asal luar negeri juga seringkali memacu sepedanya di track downhill di Indonesia. Tambahnya.

"Cukup menantang, meski memerlukan teknik pedaling, namun track kali ini cenderung aman, meski saat hujan lintasannya cenderung licin," ungkap salah saatu peserta Firda Nabila Nur Azizah.

Dengan persiapan yang cukup, lintasan downhil d'emmerick sepanjang 1,5 km ini, sangat menantang dan terdapat beberapa lintasan yg susah di taklukkan.

"Yang agak susah di gab jump dan di rock garden namun masih bisa diantisipasi," ungkap atlet putri Purbalingga peraih medali perunggu Porprov 2018 ini.

Rutinitas kejuaraan downhil diharapkan bisa memacu perkembangan, dan regenerasi atlet downhill di Indonesia.

"Downhill mudah, dulu sempat vakum, cukup latihan rutin, bisa dilakukan dengan safety tentunya, Kedepan diharapkan event downhill bisa digelar secara rutin sehingga ada regenerasi atlet downhill yang baru," pungkasnya. [hen]



Komentar Pembaca
Pendukung OSO Demo KPU

Pendukung OSO Demo KPU

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 15:00:00

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

Alumni Maroko Pilih Netral Dalam Pilpres

SENIN, 21 JANUARI 2019 , 13:00:00

BENANG MERAH (EPS.164): Jokowi Main Bumerang, Prabowo Banyak Nahan
Harimau Bonbin Semarang Terlepas

Harimau Bonbin Semarang Terlepas

RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:34:00

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

SABTU, 24 NOVEMBER 2018 , 15:13:00

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:21:00