Selain Pompa Bermasalah, Sampah Juga Jadi Penyebab Rob Dan Banjir

Nusantara  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 20:57:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Selain Pompa Bermasalah, Sampah Juga Jadi Penyebab Rob Dan Banjir
RMOLJateng. Selain persoalan fungsi pompa, Wali Kota Semarang Hendrar Pirhadi juga menyoroti volume sampah yang berlebihan saat terjadinya rob dan banjir di sekitar wialayah Kota Semarang, khususnya di wilayah Timur yaitu Kawasan Genuk dan Kaligawe.

Fakta itu muncul saat pria yang akrab disapa Hendi ini Kamis (06/12/2018) mendatangi rumah pompa di daerah Genuk, Kota Semarang Hendi mendapatkan keluhan dari petugas pompa harus mengambil sampah dulu yang banyak dibeberapa alur sungai disekitar Kawasan Genuk tersebut.

"Sayang itu kalau misalnya hal-hal (membuang sampah sembarangan) yang harus kita hindari. Sangat berpengaruh (sampah), sangat berpengaruh. Kami tidak akan menyalahkan siapapun, tugas pemerintah menyiapkan atau memfasilitasi supaya aktifitas masyarakat bisa berjalan lancar dan normal, termasuk menanggulangi banjir," ungkap Hendi kepada RMOLJateng, Kamis (06/12/2018).

Untuk itu, Hendi menghimbau kepada masyarakat Kota Semarang untuk berprilaku benar, membuang sampah sesuai dengan ketentuan, menjaga betul ruang terbuka hijau jangan sampai membangun sembarangan dan selalu memelihara lingkungan dengan melakukan aksi penanaman pohon sebagai upaya mempertahankan sistem drainase yang baik.

"Tapi kami bercerita kalau bisa dibantu masyarakat, terutama dalam persoalan yang namanya sampah saja maka itu pertolongan yang sangat luar biasa untuk kota ini," terang politisi PDI Perjuangan ini.

Hendi juga mengingatkan kembali jika Pemkot Semarang telah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6/ Tahun 2012 tentang pengelolaan dan pelarangan membuang sampah secara sembarangan. Maka, dirinya akan mengingatkan kembali, khususnya kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menegakkan kembali Perda tersebut.

"Ya harusnya begitu. Harusnya ditegakan, kan kita sudah punya Perda sampah nanti kita ingatkan bareng-bareng. Warganya juga jangan marah, kalau kenal penindakan dan denda hasil dari Satpol. Tapi kami akan menyampaikan ke Satpol untuk melakukan inisiasi," pungkas Hendi. [jie]




Komentar Pembaca
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00