BNN Sebut Tidak Satupun Kota Bebas Narkoba

Hukrim  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 16:50:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

BNN Sebut Tidak Satupun Kota Bebas Narkoba
RMOLJateng.  Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi Jateng menyebut tidak ada satu pun daerah atau wilayah yang berani menyatakan bebas narkoba. Pasar narkoba Indonesia terbuka luas, tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga jadi sasaran yang menjadikan bisnis narkoba tetap subur.

Posisi geografis Indonesia yang terbuka menyebabkan narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Secara bisnis pasar Indonesia sangat menjanjikan, ini yang wajib diwaspadai," kata Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Penyuluhan (Binluh) BNN Jateng, Jamaludin Ma'ruf, dalam Seminar Peran Serta Pegiat Antinarkoba di Balai Tawangpraja, Kompleks Balikota Surakarta, Kamis (6/12).

Jamaludin mengatakan salah satu indikasi narkoba adalah bisnis yang menggiurkan, bahwa pelaku tidak takut dipenjara, karena didalam penjara pun masih bisa menjalankan bisnis tersebut.

"Di Jawa Tengah saja 70% peredaran narkoba dikendalikan dari dalam penjara. Mengapa bisa demikian, karena bisnis ini menghasilkan uang yang sangat besar. Kami pernah menghitung transaksi di rekening salah seorang terpidana narkoba bisa mencapai Rp300 juta per hari, bayangkan,” kata Jamaludin.

Seminar yang diikuti oleh sejumlah organisai maupun pegiat antinarkoba, di antaranya komunitas kampung anti narkoba di Kampung Gajahan, Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat), Mitra Alam, Pagar Nusa,  Satnarkoba Polres Surakarta, Kodim Surakarta, dan elemen masyarakat.

"Indonesia saat ini dalam posisi darurat narkoba tidak salah. Termasuk Kota Solo, saat ini juga dalam situasi genting menghadapi narkoba. Karenanya semua elemen masyarakat, terutama orang tua harus waspada terhadap peredaran narkoba yang kian mengkhawatirkan," imbuhnya.[dit]


Komentar Pembaca
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00