Tanah Labil, Jalan Penghubung Dua Desa Retak

Daerah  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 15:05:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Tanah Labil, Jalan Penghubung Dua Desa Retak
RMOLJateng. Diduga karena kondisi tanah labil, jalan penghubung dua desa yaitu Desa Jeruk dan Desa Doropayung Kecamatan Pancur, Rembang mengalami keretakan. Keretakan membuat kondisi jalan terbelah menjadi dua bagian.

Salah satu Warga Jeruk Ngatman mengatakan, keretakan terjadi di beberapa titik, rata-rata sepanjang sekitar 100 sampai 200 meter. Lubang yang muncul dari keretakan itu mulai dari 5-15 cm.

"Sudah 4 bulanan mulai terjadi, cuma retakan masih kecil. Lama kelamaan retakan semakin besar. Saya sendiri pernah masuk roda sepeda saya ke lubang itu, pas ada motor, juga ada truk, kan sempit jalannya, mau gak mau saya jatuh itu," kata Ngatman, ditemui detikcom, Kamis (6/12).

Warga lainnya, Faizin mengatakan, jalanan tersebut baru dilakukan pengaspalan sekitar setahun yang lalu. Namun karena kondisi tanah yang labil berada di tengah persawahan mengakibatkan mudah mengalami pergerakan.

"Ini ya mungkin karena itu, wong aspalnya juga baru digarap sekitar satu tahunan. Saya tahu sendiri ini garapnya lapisannya banyak. Mungkin ini warga mau nutupnya dulu pakai tanah biar aman, kan ini udah mulai hujan pasti jalanan licin, makin bahaya. Harapannya sih biar segera langsung dibenahi saja dari pemerintah," paparnya.  

Faizin menyebut, banyak warga yang cukup dibuat repot atas kondisi jalan retak itu. Terlebih saat tiba malam hari, jalanan tersebut minim penerangan sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Terpisah, Kepala Bidang Jembatan PU Rembang, Hendro Wiyono saat meninjau langsung ke lokasi mengungkapkan dalam waktu dekat jalan akan segera dilakukan perbaikan. Menurutnya keretakan jalan lebih disebabkan karena kondisi tanah yang labil.

"Nanti dalam waktu dekat bulan Desember ini akan kita perbaiki. Nanti akan kita bersihkan dulu baru kita tambal-tambal karena sifatnya sementara," katanya. [hen]  

Komentar Pembaca
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00