Kecanduan Game Online? Begini Cara Mengatasinya !

Opini  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 14:43:00 WIB

Kecanduan Game Online? Begini Cara Mengatasinya <i>!</i>

Ilustrasi/net

SALAH seorang Striker Barcelona, Ousman Dembele santer dikabarkan sering terlibat masalah dispilin waktu. Ia juga sulit beradaptasi dengan tim saat berlatih maupun di pertandingan. Meski berasalan sakit perut, tim medis tau penyebab utamanya. Tidak lain adalah kebiasaan buruk Dembele yang melalaikan pekerjaan demi game online yang ia mainkan. Kecanduan game online membuatnya tak mampu mengelola waktu dengan baik.

Seperti yang sudah sering kalian baca, kecanduan game online memang sering terjadi beberapa tahun belakangan ini. Game online selalu diidentikan dengan sesuatu yang buruk di mata orang tua dan masyarakat.

Meski awal mula tujuan pembuatan game adalah membuat seseorang dapat rileks untuk menghabiskan waktu luang. Manfaat game online sendiri seakan-akan tertutup oleh adanya dampak negatif yang sering muncul.

Dikalangan remaja game online menjadi daya tarik tersendiri dikala sendiri atau saat berkumpul dengan teman.  Meski (WHO) Organisasi Kesehatan Dunia telah mengeluarkan statement, bahwa kecanduan bermain game online merupakan salah satu gangguan mental.

Berdasarkan dokumen klasifikasi penyakit internasional yang dikeluarkan WHO, gangguan ini dinamakan gaming disorder. Gaming disorder digambarkan sebagai perilaku bermain game dengan gigih dan berulang, sehingga menyampingkan kepentingan hidup lainnya.

Gejala gaming disoreder ditandai dengan tiga perilaku. Pertama, pengidap gangguan gaming disorder akan bermain game secara berlebihan, baik dari segi frekuensi, durasi, maupun intensitas.

Gejala kedua, pengidap gaming disorder juga lebih memprioritaskan bermain game. Hingga akhirnya muncul gejala ketiga yakni tetap melanjutkan permainan meskipun pengidap sadar jika gejala atau dampak negatif pada tubuh mulai muncul.

Faktanya game merupakan sesuatu yang adiktif. Adiktif disini didefinisikan sebagai suatu perilaku tidak sehat dan merugikan diri sendiri secara terus-menerus dan sulit diakhiri. Kebiasaan berkomunikasi secara langsung face to face di dunia nyata menjadi tergantikan oleh interaksi yang hanya terjadi di dunia maya.

Hal ini merupakan efek karena seringnya bermain game sehingga seseorang lupa akan kehidupan nyatanya. Rata-rata dari gamer kurang menalar secara baik. Mereka rata-rata kurang bisa menyelesaikan permasalahan dikehidupannya apalagi memutuskan suatu tindakan. Karena itulah para gamer menjadi maniak dan kurang beraktifitas dengan kehidupan nyata.

Melihat masalah sosial yang ada bagaimana cara mengatasi kecanduan game online?

Sebenarnya melihat kasus yang dialami oleh subyek dan di lingkungan sosial, meski durasi bermain game terbatasi, gamer (sebutan pemain game) dapat bermain game dengan berbagai jenis dan tempatnya.

Kecanduan ini menggambarkan bahwa ketergantungan akan game sangat besar pengaruhnya karena sistem game yang sangat mengikat dan mengajak gamer untuk terus-menerus memainkannya.

Meski pada awalnya gamer merasa bahagia dan mempunyai hiburan, tetapi tanpa mereka sadari bahwa keberlangsungan hal tersebut membuatnya menjadi candu dan berusaha mencari hal tersebut secara terus-menerus dengan menggunakan fasilitas game yang bisa mereka dapati dengan mudah.

Secara umum game memberikan dampak positif dan negatif. Dampak negatif ini perlu diperhatikan secara lebih oleh pemerintah, orang tua, dan pengembangan game.

Pemerintah harus dapat menyaring game yang masuk ke Indonesia juga game buatan anak bangsa. Game yang memberikan pengajaran saat kita memainkannya.

Begitu juga dengan peran orang tua, bila anak masih berada di bawah umur berilah perhatian khusus untuk semua yang ia lakukan entah dirumah ataupun dimasyarakat. Berilah penjelasan, nasihat dan informasi yang baik tentang game yang dimainkan anak. Kontrol anak tentang batasan waktu dalam bermain game agar tidak berlebihan dan kecanduan.

Terakhir untuk pengembang game sendiri, buatlah game-game interaktif yang bermanfaat untuk pendidikan. Game yang tak kelak menguntungkan pengembang juga menguntungkan untuk berbagai pihak.

Buatlah game dengan unsur minimal usia pemain. Sehingga terkadang game sadis tidak dimainkan pada usia yang belum cukup. Pengembangan perlu sering-sering mengkajai pemain disetiap minggu atau setiap hari. Segera banned pemain yang belum cukup umur sehingga tidak merusak masa depan mereka.  

Setelah bersinggungan dengan dampak negatif, kita perlu juga tau dampak positif apa yang dapat dihasilkan dengan bermain game. Seperti yang sudah ada di beberapa tahun belakangan, peristiwa ramainya (E-Sport) Electronic Sport atau olahraga elektornik mulai digandrungi pria dan wanita dari berbagai usia.

Dengan begitu game onilne sedikit punya tempat dipandangan masyarakat bahwa sejatinya game tidak hanya berbau negatif. Dengan E-Sport gamer mendapatkan tempat untuk menyalurkan hobinya dan bertemu dengan teman baru diberbagai tempat dan belahan dunia.

Bila beruntung dan menang saat mengikuti cabang ini gamer bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah sekali menang.

Banyak dari pemain game yang bukan hanya bermain untuk kesenangan, melainkan mereka yang profesional, banyak dari mereka yang hidup dan mendapatkan pemasukan dari kemampuan dan pencapaian mereka dalam bermain game. Sangat mengasyikan bukan?

Tentu saja yang perlu digaris bawahi disini kita juga harus tau waktu dan kondisi. Berhentilah bila sudah terlau lama menghabiskan waktu dalam dunia game. Beri sedikit ruang untuk istirahatkan tubuh kita. Karena semua yang berlebihan pasti tidak baik. [***]


Kharisma Ghana Tawakal
Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNNES)

Komentar Pembaca
Masih Adanya Fenomena Salah Jurusan Di Kalangan Mahasiswa
Masyarakat Yang Sering Membuang Sampah Sembarangan
Micin Membuat Kamu Bodoh?

Micin Membuat Kamu Bodoh?

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018

Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Permasalahan Pendidikan di Indonesia

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018

Jasa Jual Caption, Kritik Terhadap Apresiasi Masyarakat Indonesia Tentang Karya Tulis
LGBT Dan Pancasila

LGBT Dan Pancasila

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Harimau Bonbin Semarang Terlepas

Harimau Bonbin Semarang Terlepas

RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:34:00

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 16:10:00

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

SABTU, 24 NOVEMBER 2018 , 15:13:00