Purbalingga Siapkan Delapan Rencana Aksi Pengembangan BUMDes

Daerah  RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 17:59:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Purbalingga Siapkan Delapan Rencana Aksi Pengembangan BUMDes
RMOLJateng. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menyiapkan 8 tahap rencana aksi untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) demi mewujudkan kemandirian desa.

Plt Bupati Purbalingga melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga, Drs Agus Winarno MSi menyampaikan BUMDes ini merupakan salah satu sektor yang penting untuk digarap untuk menggali potensi yang ada menjadi bernilai ekonomi bersama.
 
Tahap persiapan membentuk dan menetapkan tim fasilitasi kabupaten, membuat Standard Operational Procedure (SOP) BUMDes, membentuk dan menetapkan tim fasilitasi kecamatan, serta memfasilitasi dana operasional pengembangan BUMDes dari APBD melalui Dinpermasdes dan kecamatan,” kata Agus dalam acara Pelatihan Penguatan Kelembagaan dan Rakor Pelaksana Operasional BUMDes, Rabu (21/11) di Pendopo Cahyana Rumah Dinas Wakil Bupati Purbalingga.
 
Sedangkan untuk pelaksana operasional diminta untuk kuatkan BUMDes dengan memberdayakan lembaga non-formal yang mampu memediasi penguatan kerjasama tersebut. Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Purbalingga, Drs Mohammad Najib MSi mengatakan saat ini di Kabupaten Purbalingga sudah terbentuk 172 BUMDes, namun hanya sekitar 40 yang aktif dan produktif. 
 
Saat ini ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penyelenggaran BUMDes, diantaranya belum terbentuknya BUMDes yang berfungsi mengelola dan mengoptimalkan sumber daya desa. Masih rendahnya daya saing produk dan usaha ekonomi masyarakat desa, terbatasnya akses pasar dan dan informasi produk desa; belum dioptimalkannya potensi dan kekayaan desa,” katanya.
 
Untuk mengatasi hal tersebut, menurutnya harus ada edukasi untuk merubah pola pikir pemerintah dan masyarakat desa, yakni pola pikir enterpreneur untuk meberdayakan potensi dan kekayaan alam yang ada. Inovasi dan kreatif melalui BUMDes mengembangkan usaha ekonomi produktif yang dibutuhkan pasar dan dapat menopang Pendapatan Asli Desa (PADes). [hen]


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00