Kirab Maulid Nabi Sarana Syiar Agama Islam

Budaya  SELASA, 20 NOVEMBER 2018 , 13:44:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Kirab Maulid Nabi Sarana Syiar Agama Islam
RMOLJateng. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, konon awalnya dilakukan oleh Sultan Shalahuddin ketika berhasil merebut tanah Palestina dari tangan nasrani pada Perang Salib. Peringatan Maulid Nabi dimaksudkan untuk memberikan semangat bagi pasukan Muslim pada waktu itu.

Di Indonesia, peringatan tanggal kelahiran Rasulullah, ditetapkan sebagai hari libur nasional. Berbagai acara kirab seni budaya dan khataman Alquran diselenggarakan oleh masyarakat untuk memperingatinya.

Seperti yang dilakukan oleh pengurus  Masjid dan Ikatan remaja Masjid Abdul Jalil, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Purworejo yang menggelar  Kirab Seni Budaya dan Khotmil Quran TPQ Kozinatul Ulum, Selasa (20/11).

Muhamad Akhsin, MPdI, selaku Imam Masjid mengatakan, bahwa kegiatan kirab budaya dan Khotmil Quran ini rutin dilakukan tiap tahun.

"Dengan kegiatan Kirab dan Qotmil Quran ini, kami bermaksud  memberi semangat kepada santri untuk rajin belajar membaca Al Quran. Juga sebagai sarana syiar dakwah Islam di wilayah Kelurahan Tambakrejo khususnya dan  Purworejo pada umumnya," kata Muhammad Akhsin.

Lebih lanjut, pengasuh TPQ Kozinatul Ulum  ini menyampaikan, kirab seni budaya di laksanakan untuk memberi pembelajaran bahwa Islam memperhatikan seni budaya. Keberhasilan dakwah Walisonga di nusantara tidak menghilangkan seni budaya,tetapi memasukkan nilai nilai Islam dalam budaya tersebut.

Berbagai ornamen dan kreatifitas di tampailkan dalam kegiatan kirap seni budaya dan Khotmil Quran  ini, mulai dari pasukan pembawa bendera, drum band, barisan santri TPQ, santri khatam yang menaiki kuda dan bendi, grup sholawatan, serta berbagai  penampilan kesenian dan budaya Islami  dari warga lingkungan I Kelurahan Tambakrejo.

"Alhamdulillah untuk kirab tahun ini lebih meriah dari pada tahun lalu, selain ada 15 santri khatam, panitia juga melibatkan masyarakat sekitar dengan menampilkan seni budaya yang bernuansa Islami, ” ungkapnya.

Selain kegiatan kirab budaya di pagi hari, pada malam harinya akan di laksanakan prosesi wisuda khatam Al Quran dan di lanjutkan dengan pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan pembicara KH Muhammad Yusuf Chudlori  pengasuh Pondok Pesantren Salafi Tegalrejo Magelang. [jie]





Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Harimau Bonbin Semarang Terlepas

Harimau Bonbin Semarang Terlepas

RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:34:00

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 16:10:00

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

SABTU, 24 NOVEMBER 2018 , 15:13:00