Kemenpar Dorong Investasi Pariwisata

Pariwisata  RABU, 14 NOVEMBER 2018 , 16:10:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Kemenpar Dorong Investasi Pariwisata
RMOLJateng. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata pada Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, SH, MPA mengatakan, kemenpar terus mendorong investasi pariwisata di Indonesia.

Pariwisata dianggap punya keunggulan mengingat mayoritas berada di sektor jasa. "Pariwisata merupakan komoditas yang paling berkelanjutan dan menyentuh hingga ke level paling bawah masyarakat. Tak hanya itu, tiap tahun performa pariwisata Indonesia terus menanjak. Grafiknya sangat kontras bila dibandingkan komoditas lain, seperti minyak, gas, batu bara, serta kelapa sawit terus merosot,” kata Dadang pada Rapat Koordinasi Destinasi Pariwisata Indonesia, di Yogyakarta, Rabu (14/11).
 
Dadang menyebut, pariwisata Indonesia memiliki banyak keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif. Keunggulan itu yakni pariwisata penghasil devisa terbesar. Tahun 2019, industri pariwisata diproyeksikan menyumbang devisa terbesar di Indonesia yaitu US$ 20 miliar, dampak devisa yang masuk langsung dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” katanya.
 
Dadang menyebut, tahun 2019, pariwisata indonesia ditargetkan menjadi yang terbaik di kawasan regional, bahkan melampaui Asean. Pesaing utama adalah Thailand dengan devisa pariwisata lebih dari US $ 40 miliar.
 
Keunggulan lain yakni Country Branding Wonderful Indonesia menempati ranking 47 dunia mengalahkan country branding Truly Asia Malaysia (ranking 96) dan country branding Amazing Thailand (ranking 83). Country branding Wonderful Indonesia mencerminkan Positioning dan Differentiating Pariwisata Indonesia,” katanya.
 
Di bagian lain, Dadang mengingatkan kepada pemerintah daerah terus bekerja melayani wisatawan. Pelayanan wisatawan dari pihak swasta dan pemerintah. Pihak pemerintah tugasnya memudahkan aksesabilitas infrastruktur, menata atraksi dan promosi dan meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pelaku wisata serta industri pariwisata.

Indikator keberhasilan adalah kunjungan wisata. Semakin banyak yang datang, masyarakat akan semakin sejahtera. Wisatawan yang datang dari luar kota dan akan membelanjakan uangnya,” kata Dadang. [hen]


Komentar Pembaca
#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 17:00:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

Perayaan Malam Natal 2018 Di Kota Semarang

SENIN, 24 DESEMBER 2018 , 20:21:00

Pembukaan Museum OHD Magelang

Pembukaan Museum OHD Magelang

SABTU, 26 JANUARI 2019 , 17:25:00

BPBD Jateng Kirim Personil Bantu Korban Tsunami

BPBD Jateng Kirim Personil Bantu Korban Tsunami

JUM'AT, 28 DESEMBER 2018 , 09:30:00