Cetak Sejarah, Perempuan Asli Amerika Masuk Konggres

Dunia  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 23:06:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Cetak Sejarah, Perempuan Asli Amerika Masuk Konggres
RMOLJateng. Sharice Davids and Deb Haaland akan menjadi perempuan suku asli Amerika pertama yang terpilih untuk menduduki Kongres.

Dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Davids menggulingkan Republikan, Kevin Yoder di Kansas, dan Haaland diproyeksikan memenangkan distrik Demokratnya yang andal di New Mexico.

Jika Yvette Herrell, seorang Republikan di New Mexico, menang, maka dia akan menjadi perempuan penduduk asli Amerika di Kongres.

Davids adalah anggota dari Ho-Chunk Nation dan Haaland adalah anggota terdaftar dari Pueblo of Laguna.

Kemenangan yang diproyeksikan untuk dua wanita asli Amerika ini menandai tonggak bersejarah dalam sistem politik AS.

Di New Mexico, Haaland akan menggantikan Michelle Lujan Grisham dari Partai Republik, yang mengosongkan kursinya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur. Sementara, Davids akan menggeser Kevin Yoder dari Partai Republik di Kansas.

Davids mengidentifikasi dirinya sebagai seorang lesbian. Dia akan menjadi anggota Kongres lesbian kedua kalinya secara terbuka dari Kansas, setelah Senator Tammy Baldwin di Wisconsin. Dia juga mantan pejuang seni bela diri campuran profesional dan pengacara.CNN menjuluki distrik di mana Davids bersiap menang sebagai "Demokrat yang kuat."

Haaland, mantan ketua Partai Demokrat negara, memenangkan pemilihan distriknya pada bulan Juni, yang memungkinkan dia melawan calon kongres dari Partai Republik Janice Arnold-Jones. Dia berkampanye dengan dukungan keuangan dari berbagai suku dan organisasi asli Amerika, menurut Albuquerque Journal. [hen]

Komentar Pembaca
Revitalisasi Pasar Johar Semarang

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 10:51:00

Truk Terbalik

Truk Terbalik

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 14:59:00

Foto: Asap Merapi Dinihari

Foto: Asap Merapi Dinihari

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 14:51:00