Tak Pernah Beri CSR, Warga Tutup Akses Jalan Menuju Perusahaan Tambang

Peristiwa  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 15:09:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Tak Pernah Beri CSR, Warga Tutup Akses Jalan Menuju Perusahaan Tambang
RMOLJateng. Puluhan warga desa Gading Kecamatan Sale Kabupaten Rembang menutup akses jalan Sale- Tahunan, Kamis siang (8/11).

Aksi ini digelar sebagai bentuk kekecewaan warga terhadap aktivitas perusahaan tambang PT ICCI dan OMYA yang tidak peduli terhadap lingkungan mereka. Akibat aksi warga ini, sejumlah truk pengangkut hasil tambang tidak bisa melintas.
 
Kepala Desa Gading, Sugeng mengatakan, selama ini perusahaan tambang yang ada tidak pernah memberi bantuan berupa CSR. Padahal, Desa Gading menjadi salah satu yang terdampak akibat aktivitas tambang tersebut.

"Ini keinginan masyarakat Gading. Desa ini terkena dampak aktivitas tambang selama puluhan tahun. Tapi CSR pun tidak pernah ada. Sedangkan desa lain dapat CSR dari PT. ICCI dan PT. Omya," kata dia.

Sugeng menjelaskan, secara rinci CSR yang dimaksud ialah bukan serta merta dana tunai. Hanya saja ia mengutarakan bahwa bantuan sosial itu berupa Drop Order (DO) dari perusahaan tersebut.

"CSR (tunai) tak mendidik. Kalau saya minta DO (kerjasama) pekerjaan tak minta uang (tunai). Kalau DO kan bisa berkelanjutan untuk desa. Seandainya tak terjadi ini, bisa lima armada tiap hari," ujar dia.

Salah satu sopir truk yang terkena dampak aksi penutupan jalan, Budi Wiyono mengungkapkan bahwa insiden ini bisa merugikan para sopir. "Tentunya ini bisa merugikan sopir. Waktunya tersendat. Ini hanya ngangkut padle saja. Dan akan dibongkar di Jatirogo. Misalkan ngangkut batu itu, sehari bolak balik hanya bisa sebanyak 2 rit saja," ujarnya. [hen]
 

Komentar Pembaca
Revitalisasi Pasar Johar Semarang

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 10:51:00

Truk Terbalik

Truk Terbalik

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 14:59:00

Foto: Asap Merapi Dinihari

Foto: Asap Merapi Dinihari

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 14:51:00