Isak Tangis Warnai Pelantikan Dan Pembaretan Taruna SMK Bina Utama

Pendidikan  SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 16:26:00 WIB | LAPORAN: RENDRAS CAVA

Isak Tangis Warnai Pelantikan Dan Pembaretan Taruna SMK Bina Utama
RMOLJateng. Melatih kedisplinan dan wawasan kebangsaan, siswa sebuah sekolah menengah kejuruan di kendal menjalani pelatihan bersama anggota TNI selama dua pekan.

Hasil penggemblengan ditampilkan di depan orangtua dan guru sebagai bukti siswa selama menjalani pendidikan dan latihan taruna di SMK Bina Utama, Senin(22/10).

Isak tangis pecah, saat peserta pendidikan menjalani proses pembaretan.
Sebanyak empat puluh delapan siswa SMK Bina Utama menunjukan kebolehannya setelah menjalani pelatihan dan digembleng TNI selama dua pekan.

Berlatih baris berbaris, kewirausahaan dan kedisiplinan menjadi materi utama dalam pelatihan taruna ini. Pelatihan taruna ini merupakan yang kedua di SMK Bina Utama sebagai upaya menumbuhkan kedisplinan dan melatih kemandirian siswa.

Selama kurang lebih tiga puluh menit, taruna taruni ini unjuk kebolehan baris berbaris dan yel-yel komando. Setelah unjuk kebolehan, empat puluh delapan siswa dilantik menjadi taruna taruni penegak disiplin. Proses pelantikan berlangsung haru, saat siswa siswi ini dimandikan bunga tujuh rupa dan pemasangan baret merah.

Kepala Sekolah SMK Bina Utama, Susandari mengatakan, dengan pelatihan ini siswa di didik menjadi lebih berkarakter.

"Ada 48 siswa yang mengikuti pelatihan ini dan mereka yang harus berkarakter agar mempunyai rasa daya saing yang tinggi. Ini memang sesuai dengan tujuan dari pembentukan taruna ini sebagai pelopor kedisiplinan pendidikan karakter," katanya.

Tidak hanya itu, pelatihan ini juga untuk mendidik siswa agar lebih berdisplin dan mandiri. Danramil Kendal Kota, Kapten Inf. Sudaryanto, mengatakan, selama dua pekan siswa dilatih kedisplinan, bela negara agar mempunyai rasa cinta kepada tanah air.

Selain itu juga melakukan serangkaian pelatihan yang diantaranya pelatihan fisik, pelatihan mental, pemecahan sebuah masalah dan kewirausahaan.

"Kita didik dan latih selama 2 minggu, baik di home base maupun di gunung Ungaran. Materinya baris berbaris, outbond, kebangsaan dan kewiraan. Harapannya semoga dengan dilatihnya taruna siswa-siswi smk bina utama bisa diikuti siswa yang lain," katanya.

Sementara itu bagi siswa mengikuti pendidikan dan pelatihan ini bisa melatih kedisplinan dan rasa tanggungjawab.

Selain itu bisa membanggakan orangtua dan akan diterapkan kedisplinannya dalam kehidupan sehari-hari. Maenal Yoga, Taruna SMK Bina Utama, merasa bangga telah dilatih dan dilantik menjadi seorang Taruna di sekolahnya.

"Saya senang dan bangga menjadi seorang Taruna di sekolah ini. Tidak mudah menjadi seorang Taruna, banyak ilmu yang didapat dari pelatihan ini diantaranya kedisiplinan dan kemandirian," katanya. Rencananya, kegiatan pelatihan taruna ini akan dilaksanakan setiap tahun dan ini sudah yang kedua kalinya kegiatan ini berlangsung. [hen]
 

Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Panen Musim Pancaroba

Panen Musim Pancaroba

MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 10:57:00

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 13:18:00

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 16:10:00