Para Petani Perempuan Dari 12 Kabupaten Pamer Metode Jajar Legowo Di Depan Gubernur Jateng

Ekonomi  SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 16:24:00 WIB | LAPORAN: KENARYO

Para Petani Perempuan Dari 12 Kabupaten Pamer Metode Jajar Legowo Di Depan Gubernur Jateng

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Ibu-ibu petani dari 12 kabupaten pamer kekompakan menanam padi dengan metode Jajar Legowo di Ngrapah, Banyubiru Kabupaten Semarang, Senin (22/10/2018).

Ibu-ibu petani tersebut memang sengaja ngumpul di Ngrapah sejak subuh untuk beraksi di Festival Tanam Jajar Legowo, festival yang aktif diadakan tiap masa tanam 4 tahun terakhir. Gerakan mereka ini diinisiasi Konsorsium Beras Unggul Jawa Tengah.

"Ada 40 regu tanam yang ikut. Semua bergerak mendukung sedulur tani di 15 kabupaten untuk meningkatkan produksi dan jual salah satunya menerapkan SOP cara budidaya yang baik, metode tanam Jajar Legowo," kata Ruth Murtiasih Subodro pengurus Konsorsium Beras Unggul Jawa Tengah.

Metode tanam padi Jajar Legowo dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman. Sistem ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil padi dibanding dengan penggunaan sistem tradisional bahkan mampu mendongkrak panen mencapai sekitar 30 persen per hektare.

Sistem tanam ini menerapkan pola beberapa barisan tanaman yang diselingi satu barisan kosong. Tanaman yang seharusnya ditanam pada barisan yang kosong dipindahkan sebagai tanaman sisipan di dalam barisan.

"Jarwo ini memberikan pemahaman baru cara menanam padi. Kedua, bisa menjelaskan pada masyarakat untuk beralih pada teknologi pertanian modern," kata Ganjar.

Orang nomor satu di Jateng itu ikut terjun ke sawah yang tentu saja penuh lumpur. Padahal ia masih mengenakan baju boko dan sarung, usai memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional ke 4 di Simpang Lima Semarang. [jie]




Komentar Pembaca
Revitalisasi Pasar Johar Semarang

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 10:51:00

Truk Terbalik

Truk Terbalik

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 14:59:00

Foto: Asap Merapi Dinihari

Foto: Asap Merapi Dinihari

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 14:51:00