Calon Sekdes Bragolan Diduga Palsukan Dokumen

Hukrim  SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 16:12:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Calon Sekdes Bragolan Diduga Palsukan Dokumen

Kades Bragolan/RMOL Jateng

RMOLJateng. Seorang calon sekretaris desa (sekdes) diduga memalsukan dokumen kelengkapan untuk meloloskan dirinya menjadi sekretaris desa.

Berdasar informasi dari warga Desa Bragolan Kecamatan Purwodadi yang tak mau disebutkan namanya mengatakan seorang peserta yang menjadi kandidat  sekdes, bernama Joko Susilo (JS), diduga memalsukan SK kepengurusan Karang Taruna ‘Satria Muda’ Desa Bragolan.

Diduga, pemalsuan itu untuk melengkapi berkas di bidang Pengabdian yaang dapat menambah poin ketika penilaian.  

Kepala Desa Bragolan, Sigit Saptono, membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasi awak media.

Memang benar ada dugaan (pemalsuan SK Karang Taruna) berkas salah satu calon sekretaris desa. Berkasnya masih diverifikasi oleh panitia kecamatan. Saat ini masih diteliti,” jelas Sigit di Kantor Desa Bragolan, Senin (15/10).

Saat legalisir persyaratan, memang saya tanda tangan dan membubuhkan stempel desa. Tapi saya tidak tahu kalau ternyata SK Karang Taruna tersebut dipalsukan salah satu pengurusnya,” lanjut Sigit.

Sigit mengatakan, sangat prihatin dengan kejadian ini. Ia berharap masalah tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

"Saya berharap bisa selesai secara kekeluargaan. Saya harap, Saudara Joko dengan kesadaran penuh mengundurkan diri jika memang terbukti memalsukan dokumen. Tapi hingga saat ini kami masih menunggu rekomendasi dari Kecamatan Purwodadi,” tegas Sigit.

Pendaftar dalam lowongan sekretaris desa Bragolan ini, total 8 pendaftar, dari luar desa ada dua orang. Namun hanya satu orang yang diduga menggunakan persyaratan SK palsu untuk menambah poin nilai.

Adapun yang dipalsu oleh JS adalah Seksi Olah Raga dan Seni Budaya. Dalam SK asli pengurusnya adalah Wimpiy, Ahmad Santosa dan Fajar Riyanto. Oleh JS kemudian diganti menjadi Wimpiy, Joko Susilo dan Fajar Riyanto.

Jika dilihat sekilas, memang tidak nampak pemalsuannya, hingga tidak heran berkas tersebut bisa lolos hingga tahap akhir. [jie]




Komentar Pembaca
Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 17:52:00